Scroll to top

Dampingi PM dengan Penyakit Kronis, JSC-Tim Respons Kasus Dinsos Jatim Koordinasikan Pembuatan KIS PBI | BIDANG REHABILITASI SOSIAL

Dipublikasi pada 24 April 2024

SURABAYA -  Jatim Social Care (JSC)-Tim Respons Kasus Dinas Sosial (Dinsos) Jatim mendampingi penerima manfaat (PM) penyandang penyakit kronis asal Kabupaten Ngawi. Agar mendapatkan lebih perawatan lanjut, tim pun berkoordinasi untuk membantu proses pembuatan Kartu Indonesia Sehat Penerima Bantuan Iuran (KIS PBI). 

Petugas Tim Respons Kasus Heri Suprianto mengatakan, Maryati (54) yang merupakan warga asli Kecamatan Gerih, Kabupaten Ngawi sebelumnya pernah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo. Ia menjalani rawat inap dengan status pasien umum karena tak memiliki jaminan kesehatan BPJS. 

“PM dalam menjalani perawatan belum sampai sembuh dan harus pulang dikarenakan sudah tidak sanggup untuk memenuhi pembiayaannya,” jelasnya. 

Heri menceritakan, Maryati akhirnya dirawat seadanya oleh suami di rumah kos di daerah Kecamatan Sukomanunggal, Kota Surabaya. Sayangnya, pada Senin (22/4/2024) lalu, kondisi Maryati makin memburuk. 

“Dalam kondisi darurat medis, Maryati akhirnya mendapatkan penanganan dari Tim Gerak Cepat  Posko Surabaya Barat. Selanjutnya, ia dirujuk menuju ke RSUD dr Soetomo untuk mendapatkan penanganan lanjutan,” papar laki-laki yang juga bertugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Sukomanunggal itu. 

Karena masih dirawat dengan status yang sama seperti sebelumnya, yakni dengan status pasien umum, Heri segera berkoordinasi dengan TKSK Kabupaten Ngawi dan aparat desa asal Maryati melalui Koordinator TKSK Jatim. “Sambil mendampingi PM, kami juga berkoordinasi dengan berbagai pihak agar ia segera mendapatkan KIS PBI,” pungkasnya. (nur/din)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    437535
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.