Scroll to top

JSC-Tim Respons Kasus Dinsos Jatim Dampingi PPKS Asal NTB Dapatkan Layanan Medis | BIDANG REHABILITASI SOSIAL

Dipublikasi pada 30 April 2024

SURABAYA - Jatim Social Care (JSC) - Tim Respons Kasus Dinas Sosial (Dinsos) Jatim mendampingi seorang pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) asal Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat untuk mendapatkan pelayanan medis, Minggu (28/4/2024). 

Petugas Tim Respons Kasus Heri Suprianto mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan informasi tentang PPKS ini dari Rumah Sakit Bhakti Dharma Husada (RS BDH) Surabaya. 

“Klien pada awalnya datang sendiri ke IGD RS BDH untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan dari sakit yang dialami tanpa didampingi keluarga. Dia juga bilang sudah tidak berhubungan lagi dengan keluarga,” papar Heri.

Kini, PPKS bernama Sri (36) itu telah dirujuk di RSUD dr Soetomo. Saat didampingi, ia mengaku tak memiliki sanak saudara sama sekali di Surabaya. Perempuan berstatus menikah ini juga mengatakan, suaminya telah meninggalkannya. 

“Di Surabaya ini, dia hanya kenal bos atau majikan serta agen penyalur yang masih dalam upaya penggalian informasinya,” lanjut Heri.

Berdasarkan hasil dari penyebab sakit yang diderita Sri, kemungkinan jaminan kesehatan BPJS tidak memfasilitasi pembiayaannya. Untuk itu, Tim Respons Kasus mencoba untuk menggali data dan informasi lagi terkait latar belakang dan pihak atau wali yang bertanggung jawab. 

“Kita koordinasikan dengan Koordinator TKSK Jatim dan Dinsos Jatim untuk dapat disambungkan ke keluarga melalui pihak aparat daerah. Kemudian, dapat diuruskan BPJS, mengingat Kabupaten Sumbawa terdaftar sebagai Universal Health Coverage dengan RSUD dr Soetomo,” kata Petugas TIm Respons Kasus itu.

Terakhir, pihak Tim Respons Kasus menyatakan bahwa mereka hanya menangani kasus Sri hingga batas pendampingan saja. Hal ini dikarenakan, Tim Respons Kasus mengkhawatirkan kasus PPKS tersebut berhubungan dengan hukum. (nur/din)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    445365
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.