Scroll to top

Lansia Terlantar Menutup Usia di Saat Pendampingan JSC-Tim Respon Kasus Dinsos Jatim | BIDANG REHABILITASI SOSIAL

Dipublikasi pada 19 April 2024

SURABAYA - Saat proses pendampingan oleh Jatim Social Care (JSC)-Tim Respons Kasus Dinas Sosial (Dinsos) Jatim, lansia terlantar yang ditemukan tidak sadarkan di Kecamatan Sawahan, Kota Surabaya, Rabu (17/4/2024) lalu menutup usia pada Kamis (18/4/2024) pagi. 

Petugas JSC-Tim Respon Kasus Nursoleh menjelaskan, pihaknya mendapat informasi awal tentang lansia terlantar ini dari Tim Gerak Cepat (TGC) Kota Surabaya. Lansia tersebut ditemukan dalam keadaan tidak sadarkan diri di depan SPBU Jalan Tidar, Kelurahan Sawahan.  

“Menurut masyarakat sekitar, dia memang sering beristirahat di sekitar SPBU, tapi tidak ada yang mengenal lansia ini,” lanjut Nursoleh 

Lansia terlantar ini sempat dirujuk ke IGD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo. Dari diagnosa tenaga medis, ditemukan bahwa ia mengidap tuberkulosis. Lansia ini pun akhirnya dipindah ke Ruang Triage untuk penyakit menular.  

Saat siuman, lansia terlantar ini mengaku bernama Sutrisno dan berasal dari Kabupaten Lamongan. “Sayangnya Sutrisno tidak bisa menjelaskan lebih detail tentang dirinya. Kami juga tidak menemukan dokumen kependudukan dari barang-barang yang bersangkutan,” kisah Nursoleh. 

Nursoleh menjelaskan, pihaknya mengalami kesulitan dalam proses asesmen lanjutan. Sebab, Sutrisno sendiri tidak dapat berkomunikasi dengan baik karena kondisi kesehatannya.

Setelah mendapat perawatan kurang dari 24 jam, sayangnya Sutrisno harus menutup usia. “Bapak Sutrisno yang kita temukan di Jalan Tidar, tadi pukul 08.15 WIB dinyatakan meninggal dunia. Semoga almarhum khusnul khotimah,” ungkap Nursoleh saat dikonfirmasi pada Kamis (18/4/2024). (nur/din)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    436582
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.