Scroll to top

JSC Tim-Respons Kasus Dinsos Jatim Terus Dampingi PM Penderita Kanker hingga Meninggal Dunia | BIDANG REHABILITASI SOSIAL

Dipublikasi pada 11 April 2024

SURABAYA - Jatim Social Care (JSC)-Tim Respons Kasus Dinas Sosial (Dinsos) Jatim mendampingi seorang perempuan penderita kanker payudara stadium akhir dalam proses pengobatannya. Pendampingan ini terus dilakukan tim hingga penerima manfaat (PM) ini meninggal dunia pada Selasa (9/4/2024). 

Awalnya, Tim Respons Kasus sedang melaksanakan kegiatan rutin mereka di bulan Ramadan, berbagi makan sahur bagi tenaga kesehatan dan keluarga pasien di RSUD dr Soetomo. Tak lama setelah kegiatan, mereka dihubungi untuk mendampingi Endah (57) yang dikabarkan dalam kondisi kritis. 

“Kami dihubungi oleh dokter yang jaga di Ruang Edelweis bahwa kondisi PM memburuk. dan kami diminta untuk mendampingi sambil berdoa yang terbaik bagi yang bersangkutan,” papar Petugas JSC-Tim Respons Kasus Nursoleh. 

Setelah didampingi selama beberapa jam, akhirnya perempuan paruh baya itu menutup usia. Kini, almarhum masih berada di kamar jenazah RSUD dr Soetomo dan rencananya akan dimakamkan pada Rabu (10/4/2024). Tim Respons Kasus juga masih berkoordinasi dengan TKSK Bondowoso untuk menghubungi salah satu kerabat Endah yang ada di Kabupaten Bondowoso. 

Endah sendiri adalah PM yang sebelumnya sempat dijangkau oleh Tim Respons Kasus. Ia merupakan warga Kelurahan Gundih, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya yang pernah tinggal di daerah Kabupaten Sidoarjo. 

“Dia hidup sebatang kara dan tinggal di kos. Dalam kondisi sakit, warga sekitar kos ini malah meminta aparat desa setempat untuk memindahkan PM,” kata Nursoleh. 

Nursoleh menjelaskan, PM akhirnya dipulangkan ke Kelurahan Gundih. Dari sinilah Tim Respons Kasus langsung mendampingi Endah dan membawanya untuk mendapat perawatan di RSUD dr Soetomo. (nur/din)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    436291
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.