Scroll to top

Tangani OT Penyandang ODGJ, TKSK Magetan Koordinasi dengan Polsek Barat | BIDANG PEMBERDAYAAN SOSIAL & PENANGANAN FAKIR MISKIN

Dipublikasi pada 31 Juli 2021

MAGETAN - Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kec. Karangrejo, Kabupaten Magetan melakukan penanganan pada orang terlantar (OT) sekaligus Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di pasar Barat Kelurahan Mangge, Kec. Barat, Kabupaten Magetan, Jumat (30/7/2021).

Penanganan ini dilakukan usai TKSK Karangrejo, Atik Wina menerima laporan dari warga dan para pedagang di pasar Barat terkait kondisi kesehatan Mr X alias Pekik yang sedang memburuk.

“Warga dan para pedagang memberitahukan bahwa Pekik saat ini mengalami panas tinggi. Sudah beberapa hari tidak bangun dan beraktivitas seperti biasa,” ujar Atik.

Dia menjelaskan, Pekik telah ada di pasar Barat sejak 10 tahun lalu. Dia tinggal di pasar, namun tidak mengganggu.

“Pernah ada informasi bahwa Pekik berasal dari Desa Mantren, Kec. Karangrejo. Akan tetapi, setelah dilakukan pelacakan, informasi tersebut tidak benar.  Dia bukan warga Desa Mantren,” terangnya.

Dalam menangani Pekik, Atik bersama TKSK Barat, Sawal dan tim kesehatan dari Puskesmas Tebon Kec. Barat memeriksa keadaan Pekik,  melakukan swab antigen dengan hasil negatif, dan memberikan obat oral.

“Kami berkoordinasi dengan Dinas Sosial agar bisa ditampung di shelter Dinsos, namun untuk bisa ditampung keadaan klien harus dalam kondisi sehat dahulu,” jelasnya. 

Selanjutnya, pihaknya juga berkoordinasi dengan Puskesmas, namun tidak bisa menampung karena klien tidak memiliki identitas dan keluarga yang bertanggung jawab. Begitu pula dengan RSUD dr Soeroto Ngawi yang tidak bisa menerima klien dengan alasan yang sama. 

“Akhirnya karena semua pedagang pasar dan pemerintah kelurahan khawatir terjadi sesuatu, kami bekerjasama dengan Polsek Barat untuk mengevakuasi klien ke RSUD dr Sayidiman Magetan dan alhamdulillah diterima. Setelah kesehatan membaik, klien akan dibawa ke shelter Dinsos,” papar Atik.

Selain TKSK Kec. Karangrejo dan Kec. Barat, penanganan Pekik ini melibatkan beberapa pihak. Antara lain, Perangkat Kelurahan Mangge, Kepala Seksi (Kasi) Ketentraman dan Ketertiban Kec. Barat, Kasi Kesejahteraan Sosial Kec. Barat, Puskesmas Tebon, dan Polsek Kec. Barat. (edi/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    26301
  • Telepon

    031-8290794
  • Email

    dinsosjatim56b@jatimprov.go.id
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.