Scroll to top

Sempat Tinggal di Surabaya, TKSK Berbek Kabupaten Nganjuk Rujuk ODGJ ke RSUD Caruban | BIDANG PEMBERDAYAAN SOSIAL

Dipublikasi pada 25 April 2024

NGANJUK - Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Berbek Kabupaten Nganjuk merujuk orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang sempat tinggal di Surabaya ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Caruban Madiun, Senin (22/4/2024). 

ODGJ berinsial EE (31) diketahui merupakan warga Desa Berbek, Kecamatan Brebek yang tinggal selama tiga tahun di Surabaya. Ia tinggal bersama anak dan suaminya yang mengadu nasib di Kota Pahlawan itu. “Mereka tinggal di kos-kosan daerah Ngagel Rejo,” papar TKSK Berbek Agus Sholeh. 

Suami ODGJ ini bekerja dari pagi hingga sore sebagai penjual jamu tradisional. Saat suaminya bekerja, EE sering pergi keluar rumah, terkadang untuk mengamen atau meminta-minta di sekitar wilayah Keluarahan Ngagel Rejo. 

Agus menjelaskan bahwa gangguan mental EE awalnya dicurigai oleh tetangga sekitar kos. Mereka kerap kali melihat EE membiarkan anaknya yang berumur dua tahun bermain-main tanpa pakaian lengkap di sekitaran rel kereta api. 

“Saat dijangkau, ternyata benar, yang bersangkutan mengalami gangguan jiwa,” jelas…. 

Setelah tiba di Kabupaten Nganjuk, kelengkapan data diri EE langsung ditangani oleh perangkat kecamatan dan desa setempat. “Dari hasil koordinasi, kami, perangkat desa, dan keluarga lalu mengantarkan EE ke RSUD Caruban untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut,” kisah TKSK Berbek. (muh/din)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    437551
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.