Scroll to top

Respons Laporan TKSK, Pemprov Jatim-UPT PSTW Banyuwangi Dinsos Jatim Seleksi Calon PM Lansia Terlantar | BIDANG PEMBERDAYAAN SOSIAL

Dipublikasi pada 01 Oktober 2022

BANYUWANGI – Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Banyuwangi Dinas Sosial (Dinsos) Jatim melakukan penjangkauan kasus lansia terlantar di Desa Karangsari, Kec. Sempu, Kamis (29/9/2022). 

Penjangkauan dan home visit ini dilaksanakan guna menindaklanjuti laporan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), juga sebagai upaya pendukung dalam proses pemberian pelayanan sosial pada tahap awal calon penerima manfaat (PM) lansia.

Penjangkauan ini dilakukan oleh Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Sosial beserta staf, dan perawat dengan tujuan asesmen untuk menggali informasi, keterangan, maupun data yang diperlukan. Sebelum mendatangi kediaman calon PM, petugas UPT PSTW Banyuwangi berkoordinasi dengan TKSK Kec. Sempu, Kepala Dusun setempat, Kepala Desa Karangsari, dan staf Kecamatan Sempu. 

Berdasarkan hasil penelusuran dari tim PSTW Banyuwangi, calon PM bernama Mbah Sayati tersebut hidup sendirian. Lansia berusia 71 tahun itu menempati kamar sederhana yang dibangun oleh masyarakat sekitar di belakang rumah warga dengan kondisi memprihatinkan. Anaknya sudah meninggal, sedangkan sang cucu pergi meninggalkannya. Kondisi ekonomi Mbah Sayati sangat kurang, bahkan untuk kebutuhan makan dan minum sehari hari dia hanya mengandalkan bantuan dan belas kasihan warga sekitar. 

Kepala UPT PSTW Banyuwangi Drs Agung Pambudi MSi berharap pemerintah desa yang lain bisa mencontoh penanganan lansia terlantar seperti halnya di Desa Karangsari, Kec. Sempu, bahkan masyarakat tergugah hati nuraninya untuk peduli dengan lansia terlantar.

“Kami juga berharap pemerintah desa bisa membantu penanganan lansia terlantar di wilayahnya, minimal satu orang lansia terlantar dalam memaksimalkan fungsi sosialnya sebagai lansia agar dapat menjalani hari-harinya dengan bahagia dan sejahtera, mengingat kapasitas PSTW Banyuwangi terbatas 100 orang,” ujarnya. (xwn/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    434879
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.