Scroll to top

Pemprov Jatim-UPT PSTW Magetan Asrama Pacitan Dinsos Jatim Lakukan Screening Mata pada PM Lansia | UNIT PELAKSANA TEKNIS

Dipublikasi pada 15 Agustus 2022

PACITAN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Magetan asrama Pacitan Dinas Sosial (Dinsos) Jatim bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kab. Pacitan melakukan screening awal penyakit mata bagi penerima manfaat (PM), Senin (15/08/2022). 

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Seksi Bimbingan Sosial Wiwin Sri Wiarsih, PM lansia yang didampingi pegawai UPT PSTW Magetan asrama Pacitan, dan dokter mata dari Puskesmas Tanjungsari, dr Helen.

Dalam kegiatan ini para PM lansia yang mengalami gejala gangguan penglihatan dikumpulkan di aula UPT PSTW Magetan asrama Pacitan untuk menjalani pemeriksaan serta anamnese awal. Setelah itu mereka diarahkan ke ruang konsultasi dengan dr Helen untuk diperiksa penglihatannya dan diberikan penanganan yang lebih signifikan.

Setelah didapatkan hasil dari pemeriksaan, dr Helen memaparkan bahwa tiga PM lansia mempunyai gangguan penglihatan dikarenakan penebalan daging di bagian kornea. Dia merekomendasikan PM untuk dirujuk ke Puskesmas Tanjungsari guna pengobatan lebih lanjut.

Kepala UPT PSTW Magetan, Dra Ucu Rubiasih MSi mengatakan, mbah kakung dan mbah putri harus semangat. Dia juga meminta tiga PM lansia yang memiliki gangguan penglihatan harus bersabar, dikarenakan masih dikonsultasikan dengan tim dokter Puskesmas Tanjungsari agar bisa mendapatkan tindakan operasi. 

“Pada akhirnya diharapkan PM lansia yang semula samar-samar melihat bisa sembuh serta bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan mandiri tanpa bantuan orang lain. Saya berharap agar semua PM lansia di asrama Magetan maupun di asrama Pacitan diberikan kesehatan, serta bisa mengikuti kegiatan dengan gembira dan menjalani masa tuanya dengan bahagia,” harapnya. (tra/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    124050
  • Telepon

    031-8290794
  • Email

    dinsosjatim56b@jatimprov.go.id
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.