Scroll to top

Mengabdi 30 Tahun, Gubernur Khofifah Anugerahkan Satyalancana Karya Satya kepada Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur | SEKRETARIAT

Dipublikasi pada 14 Agustus 2022

SURABAYA – Menjelang peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Dr Alwi MHum menerima kado istimewa. Pada Jumat (12/8/2022), dia menerima penyematan lencana anugerah tanda kehormatan Republik Indonesia Satyalancana Karya Satya dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. 

Penghargaan tersebut diterima Alwi karena telah mengabdi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) selama 30 tahun. Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Khofifah juga menyematkan Satyalancana Karya Satya kepada 150 ASN Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang telah mengabdi selama 10, 20, dan 30 tahun.

Penganugerahan ini istimewa karena Gubernur Khofifah menyematkan lencana tersebut kepada para penerima. Sebelumnya Anugerah Satyalancana Karya Satya dikirim pemerintah pusat lewat pos ke masing-masing ASN. Sejak Gubernur Khofifah memimpin Jawa Timur, tradisi penganugerahan Satyalancana Karya Satya secara khusus diseremonialkan dan dilakukan penyematan lencana langsung pada penerima.

Gubernur Khofifah menjelaskan, ada 3.300 ASN Jawa Timur yang mendapatkan Satyalancana Karya Satya dari Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 104/TK/Tahun 2021, tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya ditetapkan di Jakarta tanggal 27 September 2021.

"Saya menyampaikan terima kasih, karena Bapak Ibu sekalian sudah mendedikasikan seluruh energi positifnya untuk mengabdi kepada bangsa dan negara. Mudah-mudahan seluruh dedikasi, pengabdian, loyalitas, dan produktivitas yang sudah Saudara berikan untuk masyarakat, bangsa, dan negara semua tercatat sebagai amal kebaikan dan menjadi jariyah Bapak Ibu sekalian,” katanya.

Orang nomor satu di Jawa Timur ini melanjutkan, tahun ini HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia mengangkat tema nasional “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.” Menurut Khofifah, ini merupakan semangat untuk terus mendedikasikan seluruh energi postif yang dimiliki agar pemulihan di berbagai sektor bisa dilakukan lebih cepat dan lebih kuat.

"Tolong semangat ini tetap dijaga. Negara sudah memberikan pengakuan atas seluruh dedikasi yang Bapak Ibu berikan kepada masyarakat, bangsa, dan negara dengan memberikan tanda kehormatan Republik Indonesia Satyalencana Karya Satya. Terima kasih untuk seluruh dedikasi yang luar biasa,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur Dr Alwi MHum menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Khofifah. Karena menurutnya, jika tidak diseremonialkan dan hanya dikirim pos, maka lencana penghargaan ini akan hanya disimpan di laci begitu sampai ke alamat penerima. 

“Dengan penyematan seperti ini, maka ada apresiasi khusus yang diberikan negara untuk para ASN yang telah mengabdi 10, 20, hingga 30 tahun. Ini menjadi bagian dari proses injeksi semangat para ASN Jawa Timur dalam HUT ke-77 Republik Indonesia yang semangatnya adalah Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Ini tidak bisa dibangun tanpa strong partnership dan komitmen yang kuat. Jadi, kalau mau membangun inklusif-kolaboratif harus diinjeksi pada seluruh ASN, terutama bagi yang menerima Satyalancana Karya Satya,” ujarnya. (esa/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    434642
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.