Scroll to top

Kota Pasuruan Jadi Titik Terakhir Safari Ramadan Pemprov Jatim | SEKRETARIAT

Dipublikasi pada 08 April 2024

KOTA PASURUAN - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim menggelar Safari Ramadan terakhirnya di Kota Pasuruan, Sabtu (6/4/2024). Ajang penyaluran santunan dan bantuan sosial (bansos) di bulan penuh berkah itu telah dilaksanakan pada 11 kota/kabupaten se-Jatim. 

Digelar di serambi Masjid Agung Al-Anwar Kota Pasuruan, acara dimulai sekitar pukul 16.00 WIB. Di mana para tamu undangan seperti Pj Gubernur Jatim yang diwakili Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jatim Bobby Soemiarsono, Wakil Ketua III Baznas Jatim K.H. Muhammad Zakki, dan para OPD Pemprov Jatim mulai berdatangan. Tak ketinggalan, tuan rumah Wali Kota Pasuruan, Ketua Baznas Kota Pasuruan, beserta perangkat daerah Kota Pasuruan lainnya juga menyambut datangnya jajaran Pemprov Jatim.

Serambi masjid pun juga sudah dipenuhi oleh para anak yatim, penerima bantuan, dan pilar sosial. Acara diawali dengan pembagian santunan dan bansos. Di Kota Pasuruan, santunan diberikan pada 1000 anak yatim yang secara simbolis diserahkan pada 10 anak. 

Sedangkan, bantuan sebesar Rp 900 ribu per triwulan diberikan pada penerima Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD), Rp 500 ribu untuk penerima zakat produktif, dan Rp 500 ribu bagi para seniman di Kota Pasuruan. 

Pilar sosial di Kota Pasuruan yang hadir untuk menerima tali asih adalah Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Tagana. TKSK menerima Rp 1,5 juta per triwulan dan Tagana mendapat Rp 750 ribu per triwulan. 

Acara kemudian ditutup dengan sambutan dari Pj Sekda Provinsi Jatim Bobby Soemiarsono yang menyampaikan tujuan diadakannya Safari Ramadan selama satu bulan ini. Ia memaparkan, Safari Ramadan dilakukan oleh Pemprov Jatim demi menyambung tali silaturahmi dengan pemerintah kota/kabupaten beserta masyarakatnya. 

“Kita juga ingin menjaga sinergitas bersama, terutama dalam menjaga stabilitas perekonomian masyarakat. Maka dari itu kita juga menggelar Pasar Murah, agar bisa menekan laju inflasi pasca dan selama bulan Ramadan hingga hari raya Idul Fitri,” katanya. 

Di tempat terpisah, Pemprov Jatim memang menggelar pula Pasar Murah untuk warga Kota Pasuruan. Pasar ini dibuka di depan Gedung TIC Kota Pasuruan, tak jauh dari lokasi diadakannya Safari Ramadan. 

Seperti yang disampaikan Pj Sekda Provinsi Jatim, Pasar Murah dari Pemprov Jatim sengaja diadakan untuk menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok. Agar masyarakat tetap mampu menjangkau sembako layaknya beras, minyak, gula, dan telur. (din)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    436196
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.