Scroll to top

Lanjutkan Safari Ramadan, Pj Gubernur Jatim Sapa 1000 Anak Yatim di Kabupaten Blitar | SEKRETARIAT

Dipublikasi pada 28 Maret 2024

BLITAR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim masih melanjutkan Safari Ramadannya untuk menyalurkan bantuan sosial (bansos) ke tiap kabupaten/kota di Jatim. Kali ini acara bertajuk “Semarak Ramadan” tersebut digelar di Kabupaten Blitar, Rabu (27/3/2024). 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar menyambut Pemprov Jatim di Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro. Dari siang, pendopo yang terletak di dekat Alun-Alun Kota Blitar itu mulai ramai didatangi para anak yatim dari berbagai kecamatan di Kabupaten Blitar. 

“Semarak Ramadan” ini memang diadakan salah satunya untuk menyerahkan santunan pada anak yatim. Terdapat 1000 anak yatim yang datang dari enam kecamatan, di antaranya Kecamatan Wates, Wonotirto, Doko, Gandusari, Nglegok, dan Panggungrejo.

Kegiatan ini dimulai pada sore hari, waktu menjelang buka puasa. Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono berkesempatan untuk menyerahkan santunan secara simbolis kepada 10 anak yatim. Ia menyampaikan, santunan ini merupakan kerja sama dengan Baznas Provinsi Jatim. 

“Bekerjasama dengan Baznas, zakat, infak, dan sedekah yang dihimpun kita salurkan kembali, 
termasuk untuk haknya anak-anak sekalian,” katanya. 

Tak hanya anak yatim, Pemprov Jatim juga membagikan bansos secara simbolis kepada lima penerima Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD) dan 25 penerima zakat produktif. Lalu, tali asih untuk lima Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan lima Tagana dari Kabupaten Blitar. 

“Pemerintah bermaksud agar tidak ada satupun masyarakat kita yang mengalami masalah, yang mengalami ketidakberuntungan. Sehingga semuanya diberikan bantuan,” lanjut Adhy. 

Pemprov Jatim memberikan pula apresiasi bagi para seniman dan juru pelihara cagar budaya. Adhy menjelaskan, apresiasi ini diberikan atas usaha mereka menjaga kebudayaan di Kabupaten Blitar. “Apalagi di Blitar, ini kota yang penuh sejarah, banyak sekali cagar budayanya. Kalau tidak dijaga, ya hanya tinggal sejarah,” paparnya. 

Terakhir, Pj Gubernur Jatim itu berterima kasih pada para masyarakat yang sudah bersedekah dan mendoakan baik pada mereka. 

“Kami doakan bagi yang menunaikan zakat, infak, dan sedekah diberikan kekuatan, kesehatan, dan pahala yang berlimpah,” harapnya. (din)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    434976
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.