Scroll to top

Semarak Ramadan, Pemprov Jatim Bagikan Santunan untuk 1000 Anak Yatim di Pamekasan | SEKRETARIAT

Dipublikasi pada 28 Maret 2024

PAMEKASAN -  Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Jatim kembali mengadakan Safari Ramadan. Dengan tajuk “Semarak Ramadan”, acara penyaluran bantuan sosial (bansos) ini membagikan santunan untuk 1000 anak yatim di Kabupaten Pamekasan, Senin (25/3/2024). 

Safari Ramadan di Kabupaten Pamekasan ini digelar di Kantor Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Pemerintahan dan Pembangunan Jatim IV Pamekasan. Pada gelaran tersebut, hadir Gubernur Jatim periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa, Pj Gubernur Jatim yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Provinsi Jatim, Ketua Baznas Jatim, dan Kepala Bakorwil Pamekasan.      

Datang pula, Pj Bupati Pamekasan, Kepala Dinas Sosial Jatim, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, serta jajaran OPD Pemprov Jatim dan Kabupaten Pamekasan lainya.

Bansos yang pertama disalurkan adalah santunan untuk anak yatim. Khofifah memberikan santunan ini secara simbolis kepada 10 anak yatim. Selain itu, Pemprov Jatim juga menyalurkan bansos bagi beberapa penerima manfaat (PM) lainnya yang ada di Kabupaten Pamekasan. 

Para PM tersebut adalah penerima Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD) yang mendapat Rp 900 ribu per triwulan, lansia penerima Program Keluarga Harapan (PKH) plus dengan bantuan Rp 500 ribu per tahap, penerima zakat produktif yang memperoleh jumlah Rp. 500 ribu, dan seniman setempat dengan apresiasi sejumlah Rp 500 ribu. 

Para pilar sosial di Kabupaten Pamekasan juga mendapatkan perhatian berupa tali asih yang diberikan per triwulan. Tali asih ini dibagikan pada pendamping PKH Plus sebesar Rp 900 ribu, TKSK Rp 1,5 juta, dan Tagana Rp 750 ribu.

Kehadiran Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono dalam bansos kali ini diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Provinsi Jatim Akhmad Jazuli. Adhy menitipkan pesan pada Jazuli untuk menyampaikan kebanggannya atas program bansos yang dicetuskan oleh Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 ini. 

“Izinkan saya menyampaikan pesan Bapak Pj Gubernur Jatim. Kami bersyukur dan bangga bahwa program Ibu Khofifah, kegiatan menyantuni anak yatim, lansia, disabilitas, dan berbagai kalang ini bisa dilanjutkan oleh seluruh OPD Pemprov Jatim,” katanya. Ia pun berharap program semacam ini dapat terus berlanjut dan semakin bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Sementara itu, Khofifah sendiri tidak menjelaskan banyak hal dalam tausiyahnya. Dia  malah mengajak para peserta yang hadir dalam acara “Semarak Ramadan” untuk bersalawat bersama, sekaligus menyapa langsung mereka dan membagikan Al-Qur’an. 

“Mudah-mudah seluruh muzaki diterima zakatnya oleh Allah dan mudah-mudahan Baznas Jatim makin berjaya, manfaat, dan barokah, agar bisa terus mentasarufkan zakat kepada anak-anak yatim-piatu, duafa, dan sebagainya,” harap Khofifah. 

Seperti acara Safari Ramadan kota-kota lainnya, Pemprov Jatim juga membuka pasar murah di halaman depan Kantor Bakorwil Pamekasan. Pasar ini menawarkan berbagai bahan, macam beras, gula, dan telur dengan harga yang terjangkau. (din)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    434985
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.