Scroll to top

Gema Ramadan, Dinsos Jatim Gelar Buka Bersama di UPT PSTW Jombang | SEKRETARIAT

Dipublikasi pada 23 Maret 2024

JOMBANG - Demi memeriahkan bulan suci Ramadan penuh ampunan, Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jatim kali ini mengadakan Gema Ramadan di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha (PSTW) Jombang, Jumat (22/3/2024). 

Pada gelaran Safari Ramadan tersebut, Kepala Dinsos Jatim Dra Restu Novi Widiani MM tak hadir sendiri. Ia ditemani Sekretaris Dinsos Jatim Yusmanu SST serta Pejabat Esselon III di lingkungan Dinsos Jatim. Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinsos Jatim juga turut mendampingi. 

Kedatagan para jajaran Dinsos Jatim ini disambut baik oleh Kepala UPT PSTW Jombang Dra Ide Karjanti MSi dan pegawai-pegawainya. Ketika rombongan datang, mereka tampak sudah siap dengan bermacam-macam kebutuhan acara.  

Di lain sisi, jauh sebelum azan Magrib tiba, DWP Dinsos Jatim sudah bersiap-siap untuk mengawali rangkaian acara ini. Safari Ramadan di UPT PSTW diawali dengan pembagian fidyah untuk membayarkan hutang puasa para lansia di UPT PSTW Jombang. Fidyah tersebut merupakan hasil dari galang dana para ASN Dinsos Jatim. 

Pemberian fidyah dilakukan dengan membagikan makanan berbuka puasa bagi masyarakat di sekitar atau yang berlalu lalang di depan panti. Saat pembagian, masyarakat pun terlihat antusias mengantri untuk menerima bungkusan makanan tersebut. 

Saat tiba, Kepala Dinsos Jatim Dra Restu Novi Widiani MM juga menyempatkan untuk menyapa para PM lansia. Novi yang pernah menjabat sebagai Kepala UPT PSTW Jombang ini disambut dengan pelukan hangat dari mbah-mbah putri. Mereka berbincang sejenak, bernostalgia mengingat masa lalu saat Kepala Dinsos Jatim itu merintis karirnya . 

Acara pun berlanjut dengan sambutan yang diberikan Novi dan diikuti oleh para jajaran Dinsos Jatim. Tak ketinggalan mbah kakung dan mbah putri juga duduk menghadiri acara yang digelar di Aula UPT PSTW Jombang tersebut. Dalam sambutannya, Novi sebenarnya tak menyampaikan banyak hal. Namun, ia mengungkapkan rasa syukurnya karena diberi kesempatan untuk melaksanakan Safari Ramadan bersama para lansia di UPT PSTW Jombang. 

“Saya bersyukur karena diberikan kesempatan dan umur panjang untuk bertemu dengan semuanya, termasuk dengan mbah kakung dan mbah putri. Saya doakan sehat selalu,” harap Novi.   

Sambil menunggu waktu berbuka tiba, acara kemudian dilanjutkan dengan tausiyah dari Ustaz Irkhamnudin. Kepala Dinsos Jatim dan seluruh peserta acara di Aula UPT PSTW Jombang terlihat mendengarkan dengan seksama pesan-pesan yang disampaikan dalam tausiyah itu. Di penghujung tausiyah, mereka bersama-sama menyerukan lantunan selawat Nabi. 

Tak lama kemudian, terdengar azan Magrib berkumandang dari Masjid Birul Walidain UPT PSTW Jombang. Para peserta acara bergegas membatalkan puasa dengan takjil yang telah disiapkan. Para penerima manfaat (PM) lansia juga tampak bersemangat mengambil takjil, seperti buah-buahan, bermacam minuman dingin yang menyegarkan, kue tradisional, dan masih banyak lainnya. 

Seusai melepas dahaga dan mengganjal perut dengan takjil, mereka dengan segera mengambil wudu untuk melaksanakan salat Magrib berjamaah di Masjid Birul Walidain. Kemudian, buka bersama dengan berbagai menu makanan macam bakso, nasi goreng, sup, capcay, dan sebagainya. 

Sambil berbuka, Kepala Dinsos Jatim dan para pegawai terlihat bercengkrama dengan satu sama lain. Begitu pula dengan para lansia, mereka tampak bahagia menikmati makanan dengan suasana hangat kekeluargaan Dinsos Jatim. (din)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    435146
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.