Scroll to top

TKSK dan PSM Kota Malang Sambangi Lansia dan Penyandang Disabilitas di Kecamatan Blimbing | BIDANG PEMBERDAYAAN SOSIAL

Dipublikasi pada 20 September 2021

KOTA MALANG - Pilar sosial Kota Malang dari unsur Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) kembali melakukan agenda rutin bertajuk “Jalan-jalan Sambang Lansia dan Disabilitas,” Minggu (19/9/2021).

Kali ini, mereka menyasar lansia dan penyandang disabilitas kurang mampu di Kelurahan Bunul dan Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Dalam kegiatan tersebut, TKSK dan PSM Kota Malang juga memberikan bantuan berupa sembako.

Koordinator TKSK Kota Malang Suharti menyampaikan, dari enam lansia dan penyandang disabilitas yang dikunjungi, ada satu penyandang disabilitas yang membuat dia dan rekan-rekannya tidak tega.

“Kami tidak tega melihat Robi, penyandang disabilitas berusia 15 tahun yang hanya bisa tiduran sambil tangannya diikat. Karena tidak tega, ikatannya mau saya lepas tapi dilarang adiknya. Soalnya kalau dilepas tangannya tidak bisa diam. Dia akan garuk-garuk mukanya sampai lebam atau memukul dinding rumahnya yang dari triplek bekas sampai jebol,” ujar Harti.

Yang juga membuat Harti dan rekan-rekannya miris, keluarga Robi tinggal di pinggir parit dengan rumah yang tidak layak huni. 

“Teman-teman sempat bertanya ke pak RW kenapa tidak diusulkan bantuan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), ternyata kata pak RW rumah keluarga Robi berdiri di tanah milik negara,” lanjutnya.

Syukurnya, kata Harti, berdasarkan informasi dari PSM keluarga Robi telah menerima BPNT dan KIS dan sedang diusulkan bantuan Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas tahun 2022.

“Pak RW mengucapkan terima kasih banyak atas kedatangan dan kepedulian kami kepada warganya,” pungkasnya. (har/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    434822
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.