Scroll to top

Pemprov Jawa Timur-Dinsos Jawa Timur Bantu Pulangkan PM dari Pemerintah Arab Saudi | BIDANG REHABILITASI SOSIAL

Dipublikasi pada 08 April 2022

SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Sosial (Dinsos) Jawa Timur menerima klien dari Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) Bambu Apus Kementerian Sosial untuk membantu proses pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) warga Kota Surabaya yang bekerja di Riyadh, Arab Saudi. Proses penerimaan klien dan pemulangan kepada keluarga klien dilaksanakan di Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Rabu (6/4/2022).

Pihak yang terlibat dalam pemulangan klien, yakni Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Dinsos Jawa Timur, Drs Sugiyono MSi, perwakilan dari RPTC Bambu Apus Kementerian Sosial Farsy Saleh SH, Kepala Seksi Tuna Sosial Ronny Gunawan MAP, Pekerja Sosial, dan keluarga klien. 

Proses pemulangan PMI ini merupakan tindak lanjut dari Kementerian Sosial dalam membantu memulangkan MY (50) warga Kota Surabaya yang sejak tahun 2016 menjadi PMI di Riyadh. 

Awal mulanya, MY yang merupakan warga Surabaya pada tahun 2016 mengadu nasib sebagai PMI di Riyadh, Arab Saudi dengan bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Selama bekerja dengan majikannya MY tidak mengalami masalah berarti. Gaji dibayarkan secara lancar dan mendapat perlakuan yang baik. MY hanya ingin pulang ke Indonesia dan akhirnya dibantu majikannya menuju KBRI. 

Selama 2 bulan MY menunggu proses pemulangan di KBRI. Sampai akhirnya dibantu oleh RPTC Bambu Apus Kementerian Sosial untuk pemulangan ke Indonesia. Setelah sampai di Indonesia, tim RPTC Bambu Apus memberikan terapi, trauma healing dinamika kelompok, dan asesmen. Selanjutnya dilakukan reunifikasi kepada keluarga MY di Surabaya. 

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Dr Alwi MHum melalui Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Drs Sugiyono MSi mengucapkan terima kasih kepada tim RPTC Kemensos yang sudah berkoordinasi dalam proses pemulangan PMI. 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak RPTC Bambu Apus Kementerian Sosial yang sudah berkoordinasi untuk mengantar dalam proses pemulangan PMI warga Kota Surabaya kepada keluarga. Kami juga berharap tetap terjalin komunikasi yang baik sehingga bisa mewujudkan penanganan dan pelayanan pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) secara tuntas,” ucap Sugiyono.

Senada, perwakilan RPTC Bambu APUS Kementerian Sosial, Farsy Saleh SH juga menyampaikan terima kasih atas kerja sama dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.

“Pemulangan PMI membutuhkan koordinasi dan kerjasama semua pihak. Kami ucapkan terima kasih kepada Dinsos Jatim telah memfasilitasi pemulangan PMI atas nama MY kepada keluarganya di Surabaya,” ucap Farsy. (lng/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    434948
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.