Scroll to top

TKSK Ledokombo Kabupaten Jember Evakuasi ODGJ Lansia | BIDANG PEMBERDAYAAN SOSIAL

Dipublikasi pada 04 Mei 2024

JEMBER - Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Ledokombo Kabupaten Jember mengevakuasi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang juga lansia, Selasa (30/4/2024).

ODGJ berinisial P (68) tersebut merupakan warga Dusun Sumber Bulus, Desa Sumber Bulus, Kecamatan Ledokombo. Ia pada akhirnya harus dievakuasi ke Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Liponsos Jember milik Dinas Sosial (Dinsos) Jember. 

TKSK Ledokombo Sugianto SPd mengatakan, evakuasi ini merupakan tindakan dari laporan warga dan perangkat desa setempat yang merasa resah karena perilaku P. 

“Mereka melapor karena lansia ODGJ ini sering mengambil barang-barang dagangan warga dan punya kebiasaan buang air kecil atau besar secara sembarangan,” kisah Sugianto. 

Sugianto juga bercerita, warga dan perangkat desa telah melakukan banyak cara preventif untuk mengatasi perilaku P. Namun, ODGJ ini tetap meresahkan warga. 

“Dengan segala pertimbangan akhirnya kita sepakat untuk mengevakuasi ODGJ lansia ini ke Liponsos Dinsos Jember,” lanjut TKSK Ledokombo. 

Tak sendirian, TKSK Ledokombo berkoordinasi dengan pemerintah desa, warga, dan Satpol PP untuk kelancaran proses evakuasi. Tentunya sebelum merujuk P ke UPTD Liponsos Jember, Sugianto juga sudah berkoordinasi dengan pihak pondok sosial milik Dinsos Jember itu. 

“Evakuasi berjalan lancar, kami menemui kendala apapun,” pungkas Sugianto. (opa/din)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    443765
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.