Scroll to top

Hari pertama Idulfitri, Pemprov Jatim-UPT PSTW Blitar Adakan Dayoh-dayohan untuk PM | UNIT PELAKSANA TEKNIS

Dipublikasi pada 15 April 2024

KABUPATEN BLITAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Blitar Dinas Sosial (Dinsos) Jatim mengadakaNn kegiatan “dayoh-dayohan” bersama seluruh penerima manfaat (PM) lansia, Rabu (10/4/2023). 

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memeriahkan hari raya Idulfitri 1445 Hijriah. “Dayoh-dayohan” sendiri merupakan suatu kegiatan yang menyerupai cara orang bertamu ataupun menerima tamu. Tak hanya PM lansia, beberapa pegawai UPT PSTW Blitar yang sedang masuk pada hari itu juga turut mengikuti kegiatan ini. 

Acara ini dimulai dengan tausiyah, mini game, makan makanan khas lebaran, minum jamu, undian angpau lebaran, hingga ditutup dengan saling bermaaf-maafan. 

Hari pertama lebaran biasanya memang menjadi hari dimana keluarga berkumpul dan berkunjung. Karena itu, banyak PM lansia yang merasa sedih dan kesepian jika tidak ada keluarga yang menjenguk ke UPT. 

Kepala UPT PSTW Blitar Dra Harijati MSi menjelaskan, untuk mengurangi perasaan tersebut sekaligus sebagai obat rindu, UPT PSTW Blitar mengadakan acara “dayoh-dayohan” ini.

“Kegiatan ini diharapkan menjadi pengobat rindu mbah kami ketika dulu masih di rumah. Sehingga mereka tidak kehilangan budaya berkunjung ke lingkungan sekitar dan saudara, meskipun sekarang berada di UPT PSTW Blitar,” jelasnya. (di/din)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    435793
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.