Scroll to top

TKSK Wonosalam Laksanakan Asesmen pada Keluarga Rentan dan Penyandang Disabilitas di Desa Sambirejo | BIDANG PEMBERDAYAAN SOSIAL

Dipublikasi pada 11 April 2024

KABUPATEN JOMBANG - Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Wonosalam Kabupaten Jombang melaksanakan asesmen pada keluarga rentan dan penyandang disabilitas yang ada di Desa Sambirejo. 

Asesmen ini bertujuan untuk menindaklanjuti kabar atau berita terkait adanya keluarga rentan dan disabilitas di Dusun Sambirejo, Desa Sambirejo yang membutuhkan bantuan. Mereka adalah keluarga dari Kasmuri yang terdiri dari istri bernama Sarmu’ah, anak bernama Muji, dan cucu bernama Rani. 

Dari hasil asesmen yang dilakukan TKSK Wonosalam Gaguk Wardoyo, Kasmuri sendiri merupakan penerima rutin Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, peserta dari Jaminan Kesehatan Nasional Penerima Bantuan Iuran (JKN PBI), dan pernah menerima bantuan sosial (bansos) sembako. 

Sedangkan, istrinya yang merupakan tunanetra juga merupakan peserta JKN PBI. “Kalau anaknya saat ini dalam proses pengobatan karena tulang terjepit. Setelah Idul Fitri, rencananya akan dievakuasi ke RSUD dr Soetomo,” kata Gaguk saat ditemui pada Senin (8/4/2024).

Muji juga pernah menerima bansos berupa sembako dan kursi roda. Anak Kasmuri itu juga tercakup dalam JKN PBI. Lalu, anak dari Muji atau cucu Kasmuri saat ini sedang menjalani bangku perkuliahan dan akan segera lulus. 

Gaguk menjelaskan, kebutuhan keluarga Kasmuri sering dibantu pula oleh keluarga maupun kerabat terdekat. Saat mendengar kabar miring di media sosial, keluarga Kasmuri merasa tersinggung dengan pemberitaan sepihak itu. 

“Kini, pihak desa akan mengklarifikasi dan meminta pertanggungjawaban dari pembuat dan penyebar berita sepihak, tanpa adanya konfirmasi tersebut. Karena ini sudah mengakibatkan keresahan di tengah-tengah masyarakat,” pungkas Gaguk. (guk/mam/din)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    435752
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.