Scroll to top

Tim JSC Pemprov Jatim-UPT PSTW Jombang Bantu Mediasi Lansia dengan Anaknya | BIDANG REHABILITASI SOSIAL

Dipublikasi pada 23 Maret 2024

KABUPATEN KEDIRI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui tim Jatim Social Care (JSC) Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Jombang Asrama Jombang Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jatim membantu mediasi antara lansia dengan anaknya, Rabu (20/3/2024).

Penjangkauan dilakukan pada Samiran, warga Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri. Dalam penjangkauan kali ini, Tim JSC melakukan mediasi kepada Samiran dengan anggota keluarga, yakni anaknya. 

Mediasi dilakukan guna mencari jalan keluar atas permasalahan yang dialami oleh Samiran. Sebab, keinginan Samiran untuk tinggal di panti seperti bukan suatu solusi. Dalam hal ini, pekerja sosial (peksos) mencoba mengurai kesalahpahaman yang membuat antara Samiran dan anaknya bersitegang hingga ia meminta untuk hidup di panti.

Karena hal itu juga, Samiran sampai melaporkan kondisinya kepada kepala desa setempat. Laporan tersebut pun diteruskan ke Dinas Sosial Kabupaten Kediri untuk dapat merujuknya ke panti. 

Namun, setelah dilaksanakan motivasi dan kunjungan, ternyata Samiran dan anaknya mendapatkan solusi dan kesepakatan. Samiran tetap tinggal di rumah dan akan ditanggung biaya kehidupannya oleh anak laki-lakinya.

Kepala UPT PSTW Jombang Dra Ide Karjanti MSi mengucapkan banyak terimakasih atas upaya yang sudah dilakukan oleh Tim JSC dalam penanganan kasus seperti yang dialami oleh Samiran. Dikarenakan mediasi seperti yang dilakukan saat ini sangatlah penting bagi Samiran dan anaknya. Tim JSC merupakan pihak netral, sehingga kedua belah pihak tidak merasa terbela ataupun terpojokan. 

“Semoga dengan mediasi yang sudah dilakukan, permasalahan yang dialami dapat teratasi. Sebab sebaik-baiknya hidup di panti, lebih baik tinggal bersama anak-cucu di rumah sendiri,” tambahnya. (iin/din)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    434981
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.