Scroll to top

Dengar Informasi tentang Lansia Tidak Mampu, Tim JSC Pemprov Jatim-UPT PSTW Jombang Lakukan Asesmen | BIDANG REHABILITASI SOSIAL

Dipublikasi pada 23 Maret 2024

KABUPATEN KEDIRI - Informasi tentang adanya lansia tidak mampu pertama kali didapat dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kediri. Menanggapi hal tersebut, Tim Jatim Social Care (JSC) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Jombang Asrama Pare Dinsos Jatim langsung melakukan asesmen, Rabu (20/3/2024).

Didampingi oleh perangkat desa setempat, Tim JSC melakukan penjangkauan pada Mulyadi (72). Ia merupakan lansia yang kini tinggal di Polindes Dawuhan, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri. 

Calon penerima manfaat (CPM) ini tidak pernah menikah dan ia sempat hidup dengan keponakannya. Namun karena perilakunya yang sering keluar rumah, keponakannya pun  sedikit merasa tidak nyaman. Ia diketahui sering loncat pagar dan mengamen di jalanan.

Masalahnya, Mulyadi mengalami katarak pada matanya sehingga ia sering tertabrak kendaraan saat keluar rumah. Selain itu, Mulyadi juga mempunyai gangguan pendengaran. Bahkan ia tidak bisa mendengar suara keras dari perangkat desa yang mencoba berkomunikasi dengan Mulyadi. 

CPM ini juga kurang mampu mengendalikan emosinya. Hal tersebut dikarenakan sewaktu kecil ia sering mendapatkan perlakuan yang tidak enak dari ayah tirinya. Sedangkan dari pemeriksaan, Tim JSC mendapati Mulyadi memiliki tekanan darah sampai 140 mmHG.

Kepala UPT PSTW Jombang Dra Ide Karjanti MSi mengucapkan banyak terimakasih atas respon yang sudah diberikan oleh JSC mengenai CPM yang memiliki ketraumaan dan kondisi sosial yang tidak begitu baik. 

“Semoga Dinsos Kabupaten Kediri membuatkan surat rekomendasi maka CPM siap mendapatkan pelayanan di panti, untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak,” tambahnya. (iin/din)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    434962
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.