Scroll to top

Pererat Sinergi, Pemprov Jatim-UPT RSBG Tuban Hadiri Rapat Akhir Tahun Ajaran di SLB Jati Wiyata Dharma | UNIT PELAKSANA TEKNIS

Dipublikasi pada 25 Mei 2023

TUBAN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Grahita (UPT RSBG) Tuban Dinas Sosial (Dinsos) Jatim berupaya untuk mempererat sinergi dengan sistem sumber pendidikan.

Seperti yang dilakukan UPT RSBG Tuban dengan mengunjungi SLB Jati Wiyata Dharma Tuban dalam rangka koordinasi terkait perkembangan sekolah penerima manfaat (PM) UPT RSBG Tuban, sekaligus menghadiri rapat pembahasan kegiatan belajar di luar kelas yang dilaksanakan pada akhir tahun ajaran 2022-2023, Rabu (24/5/2023).

Terdapat lima orang PM Disabilitas Intelektual yang bersekolah di SLB Jati Wiyata Dharma Tuban. Pekerja Sosial dan Perwakilan Seksi Pelayanan Sosial melakukan sesi diskusi dan konsultasi terkait perkembangan belajar PM di sekolah kepada guru kelas. Hal ini bertujuan agar komunikasi dengan SLB AC Jati Wiyata Dharma tetap terjaga sehingga membantu proses belajar PM yang bersekolah lebih kondusif.

Lebih dari itu, UPT RSBG Tuban berupaya agar kerja sama dengan SLB AC Jati Wiyata Dharma Tuban sebagai sistem sumber formal semakin erat mengingat pemenuhan hak pendidikan formal PM RSBG Tuban. Keterbukaan yang telah dibangun akan mempermudah guru kelas dalam mengkomunikasikan hambatan dan kendala belajar lima PM mampu didik UPT RSBG Tuban.

Selanjutnya, rencana kegiatan belajar di luar kelas turut menjadi agenda pembahasan. Kegiatan pembahasan ini dilangsungkan untuk menampung pendapat para orang tua/wali dari siswa SLB AC Jati Wiyata Dharma Tuban. Maka dari itu, pembelajaran di luar kelas ini disambut sedemikian antusias oleh guru dan orang tua/wali murid. Kegiatan ini diharapkan dapat memfasilitasi hak belajar dan bermain siswa khususnya PM UPT RSBG Tuban yang bersekolah.

Melalui langkah ini, Kepala UPT RSBG Tuban Teguh Setyawan SH MSi berharap agar komunikasi dan koordinasi dengan sekolah senantiasa terjalin guna mempermudah monitoring kegiatan belajar dan evaluasi perkembangan PM mampu didik. Sinergi yang ada diharapkan dapat menemukan dan mengasah potensi PM.

"Pentingnya menjalin dan menjaga relasi kepada sistem sumber jelas adalah upaya UPT RSBG Tuban dalam memenuhi hak-hak PM mengenyam pendidikan secara maksimal. Komunikasi dua arah yang terbuka kepada sistem sumber yaitu SLB AC Jati Wiyata Dharma Tuban selama ini sangat membantu dalam perkembangan PM. Sinergitas inilah yang membantu menemukan serta mengasah potensi PM mampu didik," ujarnya penuh tekad. (iql/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    205681
  • Telepon

    031-8290794
  • Email

    dinsosjatim56b@jatimprov.go.id
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.