Scroll to top

Kartar Kabupaten Jombang Dorong Pengembangan Wisata Sekitar Makam Gus Dur | BIDANG PEMBERDAYAAN SOSIAL

Dipublikasi pada 06 Mei 2024

JOMBANG – Karang Taruna (Kartar) Desa Kwaron, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang mendorong pemerintah desa untuk mengembangkan wisata di sekitar Kawasan Makam Gus Dur (KMGD).

Dorongan ini muncul ini saat kartar menggelar seminar peningkatan Kapasitas SDM dengan tema ‘Peranan Pemuda Dalam Proses Pembangunan Kesejahteraan Desa’. Acara ini digelar di Auditorium MINHA (Museum Islam Indonesia KH. Hasyim Asyari) yang ada di Dusun Seblak, Desa Kwaron, Kecamatan Diwek Jombang, Minggu (5/5/2024).

Kartar Desa Kwaron merasa banyak potensi yang belum tergarap secara maksimal di wisata religi yang berada di desa tersebut. Seperti pelaku UMKM Usaha Ekonomi Produktif Kartar dan penginapan rumahan yang terus berkembang serta bertambah.

Seminar peningkatan kapasitas SDM forum pengurus Kartar Desa Kwaron ini dibuka oleh Kepala Desa Kwaron Wiji Santoso. Kepala desa juga memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan itu.

Dalam kegiatan ini, panitia menghadirkan sejumlah narasumber mulai dari Ketua Kartar Kabupaten Jombang yang sekaligus Ketua Fraksi PPP Junita Erma Zakiyah, Pendamping Desa Muhammad Kholil, dan Ketua Kartar Kecamatan Rendika Dian Anggara.

Junita Erma dalam paparannya mengatakan, kartar harus memiliki program kerja yang berkelanjutan. Artinya program kerja ini bisa menjadi sumber pemasukan dan pendapatan untuk kepentingan organisasi termasuk Usaha Ekonomi Produktif.

“Organisasi kepemudaan seperti kartar harus menjadi mitra dan bagian dari inovasi pembangunan desa. Peran dan kiprahnya harus terus dikembangkan. Agar ide-ide cemerlang dari anak muda bisa tersalurkan dalam rangkaian pembangunan desa,” kata anggota DPRD yang akrab disapa Mbak Ita ini.

Mbak Ita mengakui, Kartar Desa Kwaron selama ini sudah cukup mewarnai pembangunan di desa. Kiprah tersebut harus terus dikembangkan agar kemajuan desa semakin berkembang. “Desa Kwaron memiliki potensi besar dalam pengembangan wisata dan ekonomi, keberadaan wisata religi Gus Dur ini harus terus dikembangkan,” katanya.

Pernyataan Ketua Kartar Kabupaten Jombang ini disambut oleh Pendamping Desa Kecamatan Diwek Muhammad Kholil. Pria itu menjelaskan, potensi Desa Kwaron sudah berkembang cukup besar. Namun, saat ini diperlukan kolaborasi dari banyak pihak, khususnya di Desa Kwaron untuk mengembangkan potensi tersebut.

“Kami siap melakukan pendampingan jika masyarakat dan pemerintah desa akan melakukan pengembangan wisata di sekitar KMGD. Kartar bisa menjadi mitra dan pelopor untuk mendorong pemerintah mengembangkan kawasan ini,” ujarnya.

Muhammad Angga Rizqi Ketua Kartar Desa Kwaron menyambut dorongan tersebut untuk kemajuan desanya. Dirinya bersama kelompok anak muda akan berupaya memaksimalkan pengembangan wisata tersebut. “Kita sudah memulai menggali segala potensi,” pungkasnya. (mun/din)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    444396
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.