Scroll to top

Tagana Dinsos P3A Kota Madiun Ikuti Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 | BIDANG PENANGANAN BENCANA

Dipublikasi pada 28 April 2024

KOTA MADIUN - Upacara Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke XXVIII Tahun 2024 ini di laksanakan di Balai Kota Madiun pada Kamis (25/4/2024). Tagana Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kota Madiun pun hadir, berpartisipasi dalam upacara tersebut.

Hari Otoda adalah peringatan yang diharapkan menjadi momentum bagi seluruh unsur pemerintah untuk terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Maka dari itu, pemimpin upacara Walikota Madiun Dr Drs H Maidi SH MM MPd mengatakan, 
tema yang diusung dalam peringatan Otoda tahun ini adalah “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat”. 

Selain Walikota juga Wakil Walikota, hadir dalam upacara ini para Forkopimda, Sekretaris Daerah, Wakil Ketua DPRD, asisten, staf ahli, Kepala OPD, BUMD, Korsik Gita Gana Praja Satpol PP, Camat, Lurah, Satpol PP, Dishub, BPBD, Pemadam Kebakaran, Tagana, Satuan Linmas, dan Kepala Sekolah sekolah dasar serta menengah pertama.

Dalam sambutannya, Maidi membacakan sambutan tertulis dari Menteri Dalam Negeri Prof Drs H Muhammad Tito Karnavian MA PhD yang menyampaikan bahwa otonomi daerah merupakan hak, wewenang, dan kewajiban daerah untuk mengatur serta mengurus sendiri urusan pemerintah dan kepentingan masyarakatnya. 

Otonomi daerah juga dirancang untuk mencapai dua tujuan utama, yakni tujuan kesejahteraan dan tujuan demokrasi dalam konteks ekonomi hijau. Kebijakan desentralisasi memberikan ruang pada pemerintah daerah untuk melakukan pengelolaan sumberdaya alam secara efisien dan berkelanjutan. 

“Pemerintah daerah juga dihadapkan pada hambatan dan tantangan dalam pembangunan daerah untuk mendorong program pembangunan nasional, mulai dari penanganan stunting, penurunan angka kemiskinan ekstrim, hingga penciptaan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah,” ujar Wali Kota Madiun menyampaikan pesan Menteri Dalam Negeri.

Diakhir sambutannya, Maidi menyampaikan bahwa apa yang disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri, sudah dilaksanakan semua di Kota Madiun. Untuk itu, ia juga berterima kasih pada semua pihak khususnya ASN, semua pejabat yang telah menjalankan instruksi menteri dalam negeri. 

Pada kesempatan ini, Maidi juga menyerahkan hadiah kepada lima kelurahan yang berhasil memenangkan lomba ‘Kelurahan Berhasil di tahun 2024’ dan ‘Kelurahan Pelaksana Gotong Royong Terbaik di tahun 2024’. (hans/din)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    445151
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.