Scroll to top

Lansia Rentan Covid-19, Klien Baru UPT PSTW Jombang Jalani Vaksinasi Dosis Pertama | UNIT PELAKSANA TEKNIS

Dipublikasi pada 27 Oktober 2021

JOMBANG - Guna mencegah penularan Covid-19 pada lansia, Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Jombang melakukan vaksinasi Covid-19 dosis pertama pada klien baru, Senin (26/10/2021) siang.

 

Empat klien baru tersebut menjalani vaksinasi di Puskesmas Jelakombo Jombang. Mereka didampingi perawat UPT PSTW Jombang dan pendamping klien UPT PSTW Jombang asrama Jombang. 

 

Kepala UPT PSTW Jombang, Dra Sri Retno Hartiwi MSi mengatakan, vaksinasi bagi lansia tidak sebatas agar terhindar dari paparan Covid-19, namun kondisi kerentaan lansia menjadi perhatian agar vaksinasi efektif, optimal, dan tepat sasaran. 

 

“Dengan vaksinasi ini, diharapkan para klien baru dapat terhindar dari bahaya virus Covid-19, sekaligus dapat mewujudkan lansia sehat dan tangguh,” katanya. 

 

Retno melanjutkan, klien baru yang masuk di UPT PSTW Jombang langsung ditempatkan di ruangan isosasi terlebih dahulu untuk menghindari kontak antara klien lama dengan klien baru. Hal ini merupakan bentuk antisipasi jika klien baru terpapar Covid-19. 

 

“Dengan bahayanya virus Covid-19, saya mengkhawatirkan kondisi klien baru jika tidak segera mendapatkan vaksinasi,”jelasnya. 

 

Sementara, drg Dyah Suharti, dokter Puskesmas Jelakombo Jombang menyampaikan bahwa Covid-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh Severe Acute Resoiratory Syndrom Coronavirus 2. 

 

“Vaksinasi ini sangat penting bagi para lansia, mengingat para lansia rentan terpapar virus Covid-19,” ungkapnya.

 

Dia melanjutkan, dengan vaksinasi ini diharapkan terbentuk kekebalan tubuh secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga apabila suatu saat terpapar penyakit, maka tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan. Terlebih lagi, tidak akan menjadi sumber penularan. (iin/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    40805
  • Telepon

    031-8290794
  • Email

    dinsosjatim56b@jatimprov.go.id
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.