Scroll to top

Tagana Kota Probolinggo Bantu Proses Pemadaman hingga Asesmen Rumah Terbakar di Kecamatan Kademangan

KOTA PROBOLINGGO - Tagana Kota Probolinggo membantu proses pemadaman pada kebakaran rumah yang terjadi di wilayah Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, Kamis (5/4/2024) malam. Api tersebut diketahui membakar rumah milik seorang perempuan paruh baya, Sulastri (56). 

Awalnya, seorang warga yang bersebelahan dengan rumah Sulastri melihat api dari dalam rumah pada pukul 21.30 WIB. Warga tersebut bersama dengan warga lainnya akhirnya berusaha membangunkan Sulastri. 

Lalu, warga berusaha memadamkan api dengan selang air dan alat seadanya. Warga lain juga mencoba mendatangi Mako Damkar terdekat. "Saya dobrak pintunya, saya panggil dan teriakin supaya bangun untuk segera pergi dari rumah itu karena api sudah agak besar" ujar Mustaman, salah satu tetangga Sulastri. 

Sulastri juga sempat tak sadar apabila api mulai menjalar ke seluruh rumahnya. Beruntungnya, ia berhasil terbangun karena dobrakan pintu dari tetangganya dan lari menyelamatkan diri. “Saya tidak tahu api itu dari mana, saya kaget karena orang dobrak pintu serta teriak, ada api ada api gitu," kisahnya.

Damkar datang 15 menit kemudian dengan tiga armada dibantu oleh Relawan Pemadam Kebakaran dan anggota Tagana. Serta dibantu oleh Babinsa, Babinkamtibmas, staf kelurahan hingga warga.

Kedatangan Damkar memang cukup memakan waktu karena perjalanan menuju lokasi juga cukup sulit. Armada Damkar harus memasuki gang kecil dan banyak motor warga terparkir di pinggir jalan untuk sekedar melihat kebakaran tersebut. 

"Kami membantu asesmen, mendata, dan membantu petugas Damkar untuk membuka jalan supaya lancar untuk masuk ke lokasi," ucap Bambang, anggota Tagana Kota Probolinggo

Api baru bisa dipadamkan pada pukul 22.30 WIB. Dan petugas langsung melakukan pendinginan untuk memastikan keadaan rumah benar-benar aman dari api. "Kerugian ditaksir kurang lebih Rp 40 juta. Serta banyak peralatan elektronik yang tidak bisa terpakai karena semprotan air, dampak dari kebakaran tersebut," imbuh Bambang. (adi/din)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.