Scroll to top

Pemprov Jatim-UPT PSTW Banyuwangi Beri Ruang bagi PM Lansia untuk Asah Keterampilan | UNIT PELAKSANA TEKNIS

Dipublikasi pada 06 Mei 2024

BANYUWANGI - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Banyuwangi Dinas Sosial (Dinsos) Jatim terus memberikan perhatiannya pada penerima manfaat (PM), salah satunya dalam hal pengembangan diri. 

Bentuk aktualisasi diri adalah sebuah kebutuhan. Demikian pula dengan para PM lansia yang ada di UPT PSTW Banyuwangi. 

Seperti yang dilakukan oleh Mardiyah. PM lansia ini mempunyai keahlian dalam keterampilan membuat keset tenun dari kain perca/kain pipihan yang sangat indah. Di saat luang, Mardiyah cukup giat membuat keset dengan paduan motif dan warna yang menawan. 

Keset itu dibuat dengan menggunakan alat tenun sederhana yang dipunyai UPT PSTW Banyuwangi. Setiap keset tenun dibuat dengan penuh perasaan, sehingga menghasilkan keset yang indah, tebal, dan kuat. 

Mardiyah pun pernah mendemonstrasikan keterampilannya itu pada acara Hari Lanjut Usia 2023 lalu di Pasuruan.

Pihak UPT PSTW Banyuwangi juga konsisten, selalu menyediakan bahan pembuatan keset berupa kain pipihan/perca itu, dengan membeli bekas kain dari perusahaan konveksi.

Tidak jarang pula keset buatan PM UPT PSTW Banyuwangi menarik minat tamu yang berkunjung dan mereka membeli hasil keterampilan itu. Seperti pada saat kegiatan rapat koordinasi teknis di Kota Batu yang berlangsung dari Senin (6/5/2024) hingga Rabu (8/5/2024). Keset buatan Mardiyah dipamerkan di bazar UPT klaster lansia. Menurut informasinya, ada pengunjung yang memuji keset-keset hasil karya Mardiyah.

"Alhamdulillah, semoga hal ini bisa meningkatkan kepercayaan diri pada PM bahwa mereka ternyata juga bisa berkarya," kata Kepala UPT PSTW Banyuwangi Drs Agung Pambudi MSi. (imr/din)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    444390
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.