Scroll to top

Peringati HLUN, Pemprov Jatim-UPT PSTW Magetan Dinsos Jatim Ajak PM Rekreasi ke Lawu Green Flores

MAGETAN - Guna merayakan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2023, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Magetan Dinas Sosial (Dinsos) Jatim menyelenggarakan kegiatan rekreasional dengan berwisata bersama menuju lereng Gunung Lawu, tepatnya di Taman Wisata Lawu Green Flores, Selasa (30/5/2023).

Kegiatan dihadiri oleh Kepala UPT PSTW Magetan, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Sosial, pekerja sosial, pembimbing, serta staf UPT PSTW Magetan. Selain itu, juga ada sekitar 46 penerima manfaat (PM) yang turut meramaikan acara pada pagi hari ini. 

Mengawali kegiatan ini, PM yang ikut berwisata diminta untuk menggunakan baju seragam olahraga. Setelah semua siap, petugas memberikan penjelasan kepada PM lansia terkait susunan acara wisata, lalu pembacaan doa yang dipimpin oleh Nurhadi. Selanjutnya satu per satu PM mulai naik dan duduk dengan rapi di dalam bus.

Tepat pukul 8.30 WIB, bus berangkat dari halaman depan UPT PSTW Magetan menuju taman wisata di Lawu Green Flores. Sesampainya di lokasi PM diajak istirahat sejenak di depan taman sembari menikmati snack dan air mineral, sebelum memasuki taman wisata. 

Terlihat raut wajah PM yang bersemangat dan bahagia. Tidak lama setelah rehat sejenak di depan taman, rekreasi dilanjutkan dengan memasuki taman wisata nan sejuk indah. Tidak menyia-nyiakan waktu, para PM mengabadikan momen dengan foto bersama bersama petugas dan sesama PM.

Para PM lansia merasa sangat gembira, sebab tidak hanya mengabadikan momen dengan teman mereka saja, namun pada puncak peringatan HLUN ini juga dilakukan pembagian hadiah kepada para pemenang lomba yang sebelumnya dilaksanakan oleh UPT PSTW Magetan. Mulai dari lomba memasukkan paku dalam botol, hafalan surah pendek, berjoget mengunakan balon, lomba memindahkan air secara estafet, tebak kata, dan lomba kebersihan antara wisma-wisma yang ada di UPT PSTW Magetan. 

Kegiatan dilanjut dengan hiburan, yang diisi oleh petugas dan PM lansia yang ikut dalam acara. Bernyanyi dan bergoyang sudah pasti dilakukan, hingga membuat PM tidak menyadari waktu sudah beranjak siang. 

Sebelum kembali pulang ke UPT PSTW Magetan, PM lansia bersama petugas menikmati hidangan yang telah disajikan oleh pihak Lawu Green Flores guna mengisi tenaga kembali, serta memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh saat jam makan siang.

PM lansia sangat antusias dengan kegiatan ini. Mereka bisa berwisata bersama serta bergembira, sejenak melupakan keluh kesah yang selama ini dibawa di pundak mereka. 

Kepala UPT PSTW Magetan, Ucu Rubiasih MSi menyampaikan terima kasih dan bangga terhadap seluruh petugas dan PM lansia yang terlibat dalam acara peringatan HLUN di UPT PSTW Magetan. Dia juga menyampaikan untuk selalu semangat dalam masa tua.

“Jangan berkecil hati, walau hidup di panti saya dan para bapak ibu petugas siap melayani PM lansia dengan penuh kasih sayang, sudah seperti keluarga,” katanya.

Ucu berharap, semoga dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dan hiburan kepada mbah kakung dan mbah putri. “Serta, semoga bisa dipetemukan kembali dalam kegiatan HLUN di tahun depan. Tetap semangat dan sehat selalu,” tambahnya. (tra/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.