Scroll to top

Sempat Terlantar, PSM dan TKSK Kota Malang Antar Lansia Penderita Demensia ke Keluarga

KOTA MALANG - Salah satu warga RT 2, RW 1, Kel. Madyopuro, Kec. Kedungkandang, Kota Malang melaporkan bahwa ada lansia penderita demensia atau pikun yang terjatuh di depan rumahnya, Sabtu (1/10/2022).

Menindaklanjuti laporan tersebut, Bhabinkamtibmas segera berkoordinasi dengan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kelurahan Madyopuro. Sesampai di lokasi, PSM bersama Bhabinkamtibmas menggali informasi tempat tinggal klien dengan cara bertanya langsung kepada klien serta mengirimkan foto klien ke Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kedungkandang.

“Dari informasi yang didapat, kakek ini punya istri di Wajak, Kab. Malang,” ujar Sumarlik, PSM Madyopuro. 

Tak lama kemudian, TKSK Kedungkandang, Suharti datang dan memberi informasi bahwa lansia tersebut merupakan warga Kel. Buring, Kec. Kedungkandang. 

Menurut Harti yang juga anggota Jatim Social Care Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jatim, lansia berinisial CH ini memang tidak kerasan di rumah dan sudah agak pikun. Dulu dia menikah 9 kali dan istrinya tidak ada yang mau menerima, sehingga sekarang dia tinggal bersama cucunya di Kel. Buring.

“Kakek tersebut sering ke luar rumah. Tiga hari lalu beliau bermalam di Polsek Kedungkandang, sehingga kami bersama PSM Kel. Buring, Lia menjemput beliau dan kami antar pulang,” ujarnya.

Kali ini, setelah ditemukan warga di Madyopuro, Suharti bersama PSM kembali mengantarkan lansia tersebut kepada keluarganya. (har/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.