Scroll to top

Dinsos Jatim Raih E-Purchasing Awards 2023 dari Gubernur Khofifah | SEKRETARIAT

Dipublikasi pada 30 Mei 2023

SURABAYA – Dinas Sosial (Dinsos) Jatim kembali menorehkan penghargaan membanggakan. Kali ini, Dinsos Jatim menerima penghargaan E-Purchasing Awards 2023 dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Penghargaan tersebut diserahkan Gubernur Khofifah kepada Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinsos Jatim Dra Restu Novi Widiani di Ballroom Grand City Surabaya, Senin siang (29/5/2023).

E-Purchasing Awards 2023 merupakan penghargaan yang diberikan kepada perangkat daerah, pemerintah kabupaten/kota, dan usaha mikro kecil (UMK) yang melakukan transaksi terbanyak melalui Jawa Timur Belanja Online (Jatim Bejo) dan E-Katalog Lokal. 

Dinsos Jatim berada di peringkat dua perangkat daerah dengan total pesanan dan total transaksi terbanyak dalam pemanfaatan pengadaan barang/jasa melalui E-Katalog Lokal. Total transaksi Dinsos Jatim sebanyak Rp26 miliar lebih.

Gubernur Khofifah menjelaskan, E-Purchasing menjadi bagian yang penting dari proses pengadaan barang dan jasa. “Tidak hanya ekosistem digitalnya yang kami bangun, tapi juga pertumbuhan serapan produk-produk UMKM. Kami jaga kualitas, kuantitas, dan kontinuitas dari seluruh produk yang bisa diperluas market-nya,” ujarnya. 

Dia menjelaskan, pihaknya terus membangun komitmen dalam memaksimalkan pengadaan barang dan jasa melalui produk-produk UMKM, produk-produk dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) persentase tertentu, dan produk-produk yang bisa masuk pada kategori Bangga Buatan Indonesia. 

“Pemprov Jatim juga sudah meningkatkan yang tadinya pada skala Rp50 juta sekarang Rp200 juta untuk bisa diakses oleh berbagai produk UMKM. Harapan kami akan ada perluasan serapan dari produk-produk UMKM,” katanya.

Gubernur Khofifah juga berharap sektor UMKM semakin banyak terserap dalam pengadaan barang dan jasa di Jatim. Pasalnya, setiap pertumbuhan di Jatim akan memberikan ruang bagi penurunan tingkat pengangguran terbuka. 

“Makin tumbuh, makin inklusif. Makin tumbuh, makin berkurang kemiskinan. Makin tumbuh, makin berkurang pengangguran. Makin tumbuh, makin meningkat kesejahteraan. Saya rasa ini misi besar kita semua sebagai sebuah bangsa, sebagai sebuah provinsi, dan sebagai kepala daerah di tiap kabupaten/kota,” tegasnya.

Ditemui usai menerima penghargaan, Plt Kepala Dinsos Jatim Dra Restu Novi Widiani MM menyampaikan, penghargaan ini adalah reward bagi OPD dan pemerintah kabupaten/kota terhadap partisipasi di dalam E-Purchasing tahun 2023. 

“Dinsos meraih peringkat 2 kategori total pesanan dan transaksi terbanyak dalam pemanfaatan barang dan jasa melalui katolog lokal. Ini adalah penilaian selama tahun 2022. Dihimbau memang kepada seluruh pejabat administrator pengawas agar bertransaksi melalui Jatim Bejo,” ungkapnya. (ul/aii)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    426784
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.