Scroll to top

Halalbihalal Pemprov Jatim-Dinsos Jatim dengan Purna Tugas: Guyub dan Penuh Kekeluargaan | SEKRETARIAT

Dipublikasi pada 22 Mei 2023

SURABAYA - Suasana hangat dan penuh kekeluargaan menyelimuti acara halalbihalal yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui Dinas Sosial Dinsos Jatim bersama Paguyuban Tat Twam Asi Jatim yang beranggotakan para purna tugas Dinsos Jatim, Rabu (17/5/2023).

Sekitar 150 orang purna tugas menghadiri kegiatan yang berlangsung di Aula Gedung A Dinsos Jatim ini. Tiga orang di antaranya pernah menjabat sebagai Kepala Dinsos Jatim, yakni Sudjono, Sukesi, dan Alwi.

Momen ini tak hanya menjadi ajang temu kangen antar purna tugas, melainkan juga temu kangen antara purna tugas dengan pegawai.

Mereka terlihat gembira saat bertemu dengan rekan seperjuangan dalam merintis karier. Ada pula beberapa pegawai yang menangis terharu saat bertemu dengan para senior mereka. Setelah saling menyapa, mereka pun bertukar cerita setelah lama tak jumpa.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinsos Provinsi Jatim Dra Restu Novi Widiani MM mengaku kehabisan kata-kata. Novi yang lahir dan besar di Dinsos Jatim sangat bersyukur bisa bertemu dengan para senior yang memberikan kontribusi besar dalam perjalanan kariernya. Dia juga sangat bahagia karena sejumlah purna tugas yang pernah menjabat Kepala Dinsos Jatim berkenan menghadiri acara ini.

“Ini adalah momen penghargaan kami kepada para senior. Rasa terima kasih kepada para purna diwujudkan dengan mengundang mereka ke sini, membahagiakan mereka, apalagi pandemi Covid-19 sudah selesai, jadi lama tidak ketemu, akhirnya sekarang ketemu,” ujar Novi saat ditemui usai kegiatan. 
 
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Kependudukan Provinsi Jatim ini mengungkapkan, awalnya acara ini diadakan di gedung Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BKKKS) Jatim khusus untuk purna tugas dengan mengundang pejabat. Namun, dia ingin ada kesinambungan antara para pegawai dan purna tugas, sehingga dia berinisiatif mempertemukan para pegawai yang masih bertugas di tataran staf, pengawas, hingga administrator dengan para purna tugas. 

“Jadi, tali silaturahmi tidak putus,” imbuh Novi yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Dinsos Jatim ini.

Gelaran halalbihalal ini pun mendapat tanggapan positif dari para pegawai Dinsos Jatim. Siti, salah satu staf Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial berharap acara seperti ini dapat diagendakan kembali. 

“Silaturahmi ini membuat hati terharu karena bertemu banyak senior. Semoga semua purna tugas Dinsos Jatim sehat selalu dan diberikan umur panjang,” tuturnya dengan mata berkaca.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Tat Twam Asi Jatim, Dr Arman Linda mengucapkan terima kasih banyak atas partisipasi Dinsos Jatim yang luar biasa dalam acara ini. 

Dia menjelaskan, Paguyuban Tat Twam Asi Jatim telah memiliki badan hukum. Beberapa programnya antara lain, mengunjungi anggota yang sakit, serta takziyah kepada anggota yang meninggal dunia. 

“Keanggotaan paguyuban ini otomatis. Ketika pensiun, otomatis masuk ke paguyuban. Anggota Paguyuban Tat Twam Asi Jatim yang penting pernah bertugas di Dinsos Jatim,” terangnya.

Selain saling bermaafan, acara halalbihalal ini juga diisi dengan pemberian tausiyah oleh Dr Alwi MHum. Dalam kesempatan itu, Alwi yang menjabat sebagai Kepala Dinsos Jatim tahun 2020-2023 ini mengajak para hadirin, terutama para purna tugas untuk memperbanyak amal saleh sebagai bekal di akhirat nanti. Di antaranya, dengan melakukan ibadah yang berpahala besar, seperti salat berjamaah dan berzikir. Kedua, dengan bersedekah. 

“Amal kebaikan yang telah kita kumpulkan puluhan tahun ini harus kita jaga. Ada tiga hal yang bisa menghilangkan amal kita. Yaitu, kemusyrikan, penyakit hati berupa iri dengki atau hasad, dan pamer atau riya’,” jelasnya. (ul/aii/irf)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    459601
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.