Scroll to top

Menggelandang di Jalanan, PPKS Dipulangkan Dinsos Bangkalan | BIDANG PERLINDUNGAN & JAMINAN SOSIAL

Dipublikasi pada 01 Agustus 2021

BANGKALAN - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bangkalan melalui Bidang Rehabilitasi Sosial memulangkan Moh. Marto (49),  gelandangan yang selama ini meresahkan dan mengganggu pengguna jalan Soekarno-Hatta Mlajah, Kabupaten Bangkalan, Sabtu (31/7/2021).

Pemulangan ini merupakan tindak lanjut dari informasi Kapolres Bangkalan yang sehari sebelumnya menyuapi gelandangan tersebut.

Penanganan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) ini dikomando langsung oleh Kepala Dinsos Bangkalan Wibagio Suharta SSos MM dan Kabid Rehabsos Achmad Riady SH MH. 

Sebelum dipulangkan, tim Dinsos Bangkalan melakukan penjemputan, memandikan, dan mengganti baju dan sarung klien yang sudah tidak layak pakai di Sekretariat Dinsos Bangkalan.

“Selanjutnya kami mengantarkan klien kepada saudaranya di Desa Kamal, Kec. Kamal untuk dirawat di rumahnya dan dibina supaya tidak mengulangi perbuatannya tersebut,” ujar Wibagio.

Dia juga meminta kepada Kepala Desa dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kec. Kamal agar klien dibuatkan dokumen kependudukan, baik Kartu Keluarga (KK) maupun e-KTP.

“Dengan adanya dokumen kependudukan, klien bisa segera dimasukkan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sehingga dapat terakses menjadi prioritas ke daftar penerima manfaat, baik bantuan sosial maupun Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu),” terang Wibagio.

Dirinya juga berharap pihak keluarga dan warga sekitar untuk sama-sama peduli dalam penanganan klien.

“Apabila keluarga tidak ada yang mau merawat atau klien mengulangi tindakannya, maka Dinsos tidak segan-segan mengirimnya ke Rumah Panti karena ini bukan yang pertama kali," tegas Wibagio.

Sementara, TKSK Kec. Kamal, Fatim menjelaskan, saat ini KK klien telah selesai proses pembuatannya, akan terapi e-KTP masih dalam proses. (eko/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    26310
  • Telepon

    031-8290794
  • Email

    dinsosjatim56b@jatimprov.go.id
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.