Scroll to top

Viral Lansia Kakak Beradik Sakit Stroke, Tim JSC Dinsos Jatim dan UPT PSTW Magetan Lakukan Penjangkauan | BIDANG REHABILITASI SOSIAL

Dipublikasi pada 30 Juli 2021

MAGETAN - Kisah Prapti (90) dan Hermainayu (85) viral di media massa dan media sosial. Kakak beradik asal Desa Baron, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan itu dikabarkan sedang menderita sakit stroke dan tinggal di kamar berukuran 2 x 3 meter dengan kondisi tidak layak. 

Selang sehari usai kisah mereka diangkat di media massa, Dinas Sosial Provinsi Jatim menugaskan tim Jatim Social Care (JSC) dan ‘Amalia Juara Mas’ Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Magetan untuk melakukan penjangkauan, Kamis (29/7/2021).

Kepala UPT PSTW Magetan, Dra Ucu Rubiasih yang memimpin penjangkauan mengatakan, kedua lansia tersebut dirawat oleh adik mereka, Rusmiyati yang berprofesi sebagai tukang pijat. Dengan penghasilan yang tidak menentu, Rusmiyati harus menanggung kebutuhan pokok sehari-hari kakaknya.

“Ibu Rusmiyati sudah membawa kedua kakaknya untuk berobat ke bidan desa, namun hasilnya belum optimal,” kata Ucu.

Ia melanjutkan, selama ini Prapti dan Hermainayu belum terjangkau program Bantuan Sosial Tunai (BST) dari pemerintah karena ada kesalahan administrasi kependudukan.

Guna melakukan penanganan lebih lanjut, tim JSC Dinsos Jatim dan ‘Amalia Juara Mas’ UPT PSTW Magetan segera berkoordinasi dengan pemerintah desa terkait administrasi kependudukan agar Prapti dan Hermainayu dapat menerima program BST.

Ucu menjelaskan, pihaknya sempat menawarkan Prapti dan adiknya agar tinggal di UPT PSTW Magetan. Akan tetapi, mereka menolak karena masih memiliki aset berupa tanah dan rumah yang saat ini dikelola keponakan mereka. 

“Jadi, beliau berdua kami masukkan home care mandiri UPT PSTW Magetan dan setiap bulan mendapat bantuan sembako,” terang Ucu.

Selain itu, pihaknya juga memberikan motivasi kepada keponakan kedua lansia tersebut agar menyediakan ruang kamar yang layak.

Ucu menambahkan, saat ini Prapti dan adiknya telah menerima bantuan dari beberapa pihak. Antara lain, bantuan berupa uang dari Pemerintah Kabupaten Magetan dan bantuan berupa kasur, rak plastik, tikar, dan susu dari Dinsos Kabupaten Magetan. 

Selain itu, tim JSC Dinsos Jatim dan Amalia Juara Mas juga menyerahkan sejumlah bantuan. Meliputi, bantuan sembako dan makanan siap konsumsi, bantuan pakaian layak, sweater dan selimut, peralatan kebersihan diri, serta bantuan kasur busa sebanyak dua buah dan bantal.

“Saat melakukan home care, kami melakukan pelayanan kebersihan diri dengan memandikan, memotong kuku, dan memotong rambut. Kami juga melakukan pemeriksaan kesehatan serta memberikan obat dan vitamin,” pungkas Ucu. (ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    431677
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.