Scroll to top

Sinergi dengan KJP, TKSK Jombang Evakuasi Lansia Terlantar ke Malang | BIDANG PEMBERDAYAAN SOSIAL & PENANGANAN FAKIR MISKIN

Dipublikasi pada 27 Juli 2021

JOMBANG - Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kab. Jombang bersinergi dengan Komunitas Jombang Peduli (KJP) mengevakuasi Bathi, klien lanjut usia (lansia) terlantar ke Griya Lansia Husnul Khatimah (GLHK) Wajak Kab. Malang, Selasa (27/7/2021).

Lansia berusia 74 tahun itu sebelumnya diberitakan mengalami sakit di kakinya dan terlantar. Tak jarang dia tidur di jalan-jalan desa yang dia lalui.

TKSK Kecamatan Peterongan Muchtar Chubis bersama Unit Reaksi Cepat (URC) Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Care Unit Jombang yang melakukan asesmen merekomendasikan untuk percepatan penyesuaian administrasi kependudukan sesuai tempat tinggal klien. 

Pasalnya, saat ini klien tercatat sebagai warga Tangerang Selatan, sehingga tidak bisa diusulkan untuk masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Dari hasil asesmen sebelumnya, saya lakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk membicarakan kelanjutan atas kasus tersebut,” ujar Chubis.

Selain itu, URC TKSK Care Unit Jombang juga berkoordinasi dengan jejaring sosial yang dimiliki. Gayung pun bersambut. Komunitas Jombang Peduli (KJP) bersedia mengevakuasi klien ke tempat yang lebih nyaman.

“Tak membutuhkan waktu lama, akhirnya klien dirujuk ke GLHK Wajak Malang demi kenyamanan dan agar lebih terjamin kehidupannya,” lanjut Chubis.

Evakuasi tersebut turut dikawal Kepala Urusan Perencanaan Desa Morosunggingan, Andik Kurniawan sebagai perwakilan pemerintah desa.

Atas kelancaran proses evakuasi tersebut, Chubis mengucapkan terima kasih kepada pemerintah desa, KJP, dan semua pihak yang telah membantu, baik secara finansial maupun yang lainnya.

“Semoga bantuan yang Bapak dan Ibu berikan dalam membantu proses evakuasi klien ini dicatat oleh Allah SWT sebagai amal terbaik. Amin,” harapnya. (mam/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    26310
  • Telepon

    031-8290794
  • Email

    dinsosjatim56b@jatimprov.go.id
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.