Scroll to top

Peduli Warga Terdampak Angin Kencang, Tagana Dinsos Jember Serahkan Bantuan | BIDANG PENANGANAN BENCANA

Dipublikasi pada 03 Mei 2023

JEMBER – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Jember melalui Taruna Siaga Bencana (Tagana) mendistribusikan sejumlah paket bantuan kepada warga terdampak bencana hujan dan angin kencang.

Distribusi bantuan tersebut berlangsung pada Selasa (2/5/2023) pukul 11.30 WIB, di Desa Sukosari, Kecamatan Sukowono, Jember. Penyerahan bantuan ini melibatkan Dinsos Kabupaten Jember, Kepala Desa (Kades) dan Perangkat Desa Sukosari, Ketua TP PKK Desa Sukosari, dan Tagana Kabupaten Jember.

Bantuan yang telah didistribusikan berupa sembako sebanyak 9 paket dan kebutuhan sandang untuk dewasa sebanyak 9 pcs. Bantuan ini bersumber dari Dinsos Kabupaten Jember (APBD ll), serta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim (APBD l).

Agus Nurwiyono (Cak Yoyon), Koordinator Tagana Kabupaten Jember menyampaikan, dia terlibat dalam penyerahan bantuan tersebut, didampingi dua anggota Tagana Jember. “Bantuan tersebut kami serahkan secara simbolis, yang diterima oleh Kades Sukosari, pak Ahmad Romadhon, didampingi bu kades. Bantuan tersebut bersumber dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember melalui Dinsos Kabupaten Jember dan dari Pemprov Jatim melalui Dinsos Jatim,” tegasnya (2/5/2023).

Cak Yoyon juga menyampaikan sekilas kronologi kejadian bencana yang mengakibatkan kerusakan pada sejumlah hunian warga. Bermula dari turunnya hujan deras disertai angin kencang pada Minggu (30/5/2023) sekira pukul 14.15 WIB. Selang beberapa waktu kemudian terdapat informasi bahwa beberapa rumah warga mengalami kerusakan ringan hingga sedang, di antaranya genteng melorot dan berhamburan.

Hasil asesmen dan kaji cepat Tagana menyebutkan, lokasi yang terdampak ada dua titik dengan jumlah rumah terdampak berbeda, yaitu Dusun Patemon Krajan Timur, ada 9 unit rumah terdampak, dan Dusun Patemon Sumberbubuh, terdapat 3 unit rumah mengalami kerusakan yang sama.

“Segera keluar rumah atau ke tempat lapang jika ada indikasi atau firasat tidak baik dan segeralah menginformasikan kejadian bencana kepada aparat dan petugas terkait agar mendapat penanganan yang cepat dan akurat,” imbau Cak Yoyon. (sya/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    432021
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.