Scroll to top

Turunkan Angka Kemiskinan, Pemprov Jatim-Dinsos Jatim Selenggarakan Rakor Penghapusan Kemiskinan Ekstrem | BIDANG PERLINDUNGAN & JAMINAN SOSIAL

Dipublikasi pada 17 Maret 2023

SIDOARJO - Pemerintah Provinsi Jawa Tinur (Pemprov Jatim) melalui Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jatim mengadakan rapat koordinasi (rakor) dalam rangka penghapusan kemiskinan ekstrem, Kamis-Jumat (16-17/3/2023).

Acara yang bertempat di Hotel Luminor Sidoarjo ini merupakan upaya Dinsos Jatim untuk menyukseskan target pemerintah dalam menurunkan angka kemiskinan. Sebanyak 140 orang peserta mengikuti rakor ini. Mereka berasal dari Dinsos kabupaten/kota, camat atau kepala seksi kesejahteraan rakyat kecamatan, pendamping, kepala desa terkait, Bappeda Provinsi Jatim, Bappeda kabupaten/kota, Dinsos Jatim, dan Bank Jatim.

Saat membuka rakor, Kepala Dinsos Provinsi Jatim, Dr Alwi MHum melalui Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Ir Moehammad Anas MM menyampaikan, Pemprov Jatim melalui Dinsos Provinsi Jatim terus berkomitmen untuk menangani dan mengatasi kemiskinan di Jatim. Program pemberian bantuan modal usaha diharapkan dapat menjadi langkah yang tepat. 

“Saat ini di masyarakat banyak berkembang masalah-masalah sosial yang belum tertangani dan banyak yang masuk ranah media sehingga menjadi konsumsi publik. Dinsos menjadi rujukan masalah tersebut, terkadang kita ini mempunyai slogan ‘Apapun Masalahnya, Dinsos Solusinya’,” katanya, Kamis (16/3/2023).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa rakor ini bertujuan meningkatkan kolaborasi pelayanan sosial Dinsos provinsi dengan dinas/instansi sosial di kabupaten/kota, menumbuhkan inovasi pelayanan sosial pada dinas/instansi sosial baik di Dinsos provinsi maupun kabupaten/kota, serta memberikan informasi yang diperlukan dinas/instansi sosial kabupaten/kota dalam program penanggulangan kemiskinan yang dimiliki Dinsos Provinsi Jatim.

Ke depan, Alwi mengajak agar ada rumusan seperti solusi yang harus dilaksanakan oleh Dinsos dalam menghadapi tantangan zaman, mengacu arahan Gubernur Jatim, maka diperoleh IKI (Inisiatif, Kolaboratif, dan inovatif) Jawabane.

“Kami mengharapkan pertemuan ini dapat menghasilkan inisiatif yang harus dilakukan, kolaborasi yang harus dilakukan antara provinsi dan kabupaten/kota, serta seperti apa inovasi yang harus dilakukan bersama agar penerima manfaat dapat mandiri dan terentaskan," tegasnya.

Rakor ini melibatkan narasumber dari Bappeda Provinsi Jatim dengan materi “Upaya Pemerintah dalam Program Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di Jatim”, Bank Jatim yang menjelaskan materi “Mekanisme Penyaluran Bantuan Modal Usaha Program Penghapusan Kemiskinan Ekstrem", serta Dinsos Provinsi Jatim dengan materi “Program Prioritas Dinsos Provinsi Jatim dalam Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Tahun 2023". (ul/jm)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    426786
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.