Scroll to top

Tanah Longsor, Tagana Kabupaten Probolinggo Bergerak Cepat Lakukan Penanganan | BIDANG PERLINDUNGAN & JAMINAN SOSIAL

Dipublikasi pada 30 Desember 2022

KABUPATEN PROBOLINGGO – Bencana tanah longsor terjadi di Desa Tambak Ukir, Kecamatan Kota Anyar, Kabupaten Probolinggo, Rabu (28/12/2022), pukul 16.00 WIB.

Dilaporkan Tagana Kabupaten Probolinggo, dari hasil asesmen yang dilakukan di lokasi kejadian, longsor terjadi akibat hujan lebat sejak Selasa (27/12) pukul 16.00 hingga Rabu (28/12) pukul 05.00 WIB. Hal itu mengakibatkan dataran tinggi di tepi jalan mengalami longsor. Ruas jalan utama pun tertutup total oleh material longsor dan akses jalan Desa Tambak Ukir lumpuh total.

Beruntungnya kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Terkait hal itu, petugas Posko Tagana Kabupaten Probolinggo, Buntoro mengatakan, ada dua titik akses jalan desa yang mengalami lumpuh total akibat tertimbun tanah longsor, yakni Dusun Krajan dan Dusun Alas Kembang, Desa Tambak Ukir. Sementara kerugian materi akibat longsor tersebut masih dalam kajjian petugas terkait.

“Setelah kami mendapat informasi kejadian tersebut dari Kepala Desa Tambak Ukir, personel Tagana terdekat langsung kami arahkan ke lokasi untuk segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, kemudian melakukan assesmen, yang nantinya akan dilaporkan ke Dinas Sosial untuk dijadikan bahan acuan langkah penanganan selanjutnya,” terang Buntoro.

Aksi Tagana tak hanya cukup di situ. Usai melakukan assesmen, mereka bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) setempat, Pemerintah Desa, dan masyarakat sekitar melakukan kerja bakti. Hingga berita ini dirilis, Tagana setempat melaporkan bahwa kondisi terkini sudah kembali normal. (sya/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    448282
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.