Scroll to top

Kreatif, DWP UPT RSBK Pasuruan Dinsos Jatim Berlatih Membuat Kerajinan Kaktus  | UNIT PELAKSANA TEKNIS

Dipublikasi pada 02 Oktober 2022

KAB. PASURUAN - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Sosial (Dinsos) Jatim melalui DWP Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Karya (UPT RSBK) Pasuruan berlatih membuat kerajinan kaktus pada pertemuan rutin DWP, Jumat (30/9/2022). 

Pertemuan diawali dengan pembukaan dan pengarahan dari Kepala UPT RSBK Pasuruan, Saroni SST MSi selaku Pembina DWP UPT RSBK Pasuruan dan Ketua DWP UPT RSBK Pasuruan, Supriati Saroni. Pengarahan menitikberatkan pada pengurus dan anggota DWP UPT RSBK Pasuruan agar mendukung para suami sebagai ASN. 

“Salah satu bentuk dukungan tersebut, sebagai pengurus maupun anggota DWP aktif di setiap kegiatan dan taat aturan, misal penggunaan seragam DWP lengkap dengan pemakaian pin DWP di setiap pertemuan,” kata Supriati Saroni.

Kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu mars DWP, laporan kegiatan bidang, dan pengambilan nomor arisan untuk bulan September. Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Irine Kusumadewi SSos MSi beserta sejumlah anggota DWP UPT RSBK Pasuruan. 

Kemudian, agenda pertemuan rutin diisi dengan pelatihan membuat kerajinan kaktus. Pekerja Sosial Penyelia, Juni Andariwulan, yang mengajarkan para anggota DWP UPT RSBK Pasuruan untuk membuat kerajinan kaktus tersebut.

Kegiatan dimulai dengan pengenalan bahan, yaitu kain flanel dan dacron. Kain flanel dibentuk pola kemudian digunting menyerupai pola tersebut. Selanjutnya, dijahit, diisi dengan dacron, dan dibentuk sehingga menyerupai kaktus. 

Ketua DWP UPT RSBK Pasuruan, Supriati Saroni mengapresiasi antusiasme para anggota DWP UPT RSBK Pasuruan yang ikut serta berlatih membuat kerajinan kaktus. 

"Saya mengapresiasi antusiasme ibu-ibu DWP UPT RSBK Pasuruan dalam berlatih membuat kerajinan kaktus. Kegiatan keterampilan ini tentunya bisa menjadi ide kreativitas para anggota DWP UPT RSBK Pasuruan dalam meluangkan waktu di sela kesibukan di rumah," urai Supriati. 

Lebih lanjut, dia berharap agar setiap kegiatan DWP UPT RSBK Pasuruan diisi dengan kegiatan keterampilan yang bisa menjadi alternatif bagi anggota DWP UPT RSBK Pasuruan untuk berdaya secara ekonomi. 

"Sebagaimana tujuan dari DWP sendiri adalah memberdayakan istri pegawai, tentunya setiap pertemuan harus diisi dengan kegiatan positif seperti keterampilan. Hari ini kami belajar membuat kaktus, dengan bahan kain flanel. Kerajinan ini tentunya bisa menjadi peluang usaha bagi para anggota DWP lainnya,” katanya.  

Supriati menambahkan, agar para anggota DWP UPT RSBK Pasuruan bisa rutin hadir dalam setiap pertemuan DWP. 

"Sebagaimana pesan dari ibu Ketua DWP Dinsos Provinsi Jatim, Bunda Fentin Alwi, bahwa setiap anggota DWP diharapkan kehadirannya pada setiap pertemuan DWP. Ini menjadi nilai positif, tidak hanya sebatas bersilaturahmi saja, tetapi juga mendapatkan ilmu baru yang tentunya bermanfaat bagi anggota untuk bisa melatih potensi dan kreativitas diri masing-masing," pungkasnya. (san/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    431778
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.