Scroll to top

Dinsos Jatim bersama Gerkatin Jatim Rayakan Puncak Peringatan Hari Bahasa Isyarat Internasional 2022 | BIDANG PENANGANAN BENCANA

Dipublikasi pada 25 September 2022

KAB. MALANG - Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur Dr. Alwi, M.Hum. ditemani Kepala Bidang Pengembangan Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial, Yusmanu, S.ST. dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Netra (UPT RSBN) Malang, Firdaus Sulistijawan, S.Sos., MPSSp., turut hadir dalam acara puncak peringatan Hari Bahasa Isyarat Internasional (HBII) yang diadakan oleh Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin) Provinsi Jawa Timur, Minggu (25/9) di Pendopo Agung Kabupaten Malang.

Kegiatan yang diikuti oleh 1.200 tunarungu itu diawali dengan pelepasan balon, tanda dimulainya jalan sehat. Acara juga semakin meriah dengan adanya stan-stan pameran dan bazar karya tunarungu dari berbagai wilayah, baik yang tergabung dalam Gerkatin Kab/Kota maupun dari komunitas lainnya, termasuk juga dari Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Rungu Wicara (UPT RSBRW) Pasuruan milik Dinsos Jatim.

Kendati sebagian besar yang hadir merupakan tunarungu, namun Lagu Kebangsaan Indonesia Raya tetap dikumandangkan dengan diiringi translator bahasa isyarat Bisindo.

Dalam sambutannya, Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M. menyampaikan bahwa pihaknya merasa tersanjung lantaran Kabupaten Malang dipilih sebagai lokasi untuk merayakan HBII Tahun 2022 ini. Ia pun berjanji akan terus mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan oleh rekan-rekan tunarungu.

Sementara Maskurun Yuyun, Ketua DPD Gerkatin Jatim juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dari pemerintah selama ini.

"Saya dari Gerkatin Jatim mengucapkan banyak terima kasih karena telah memfasilitasi acara hari ini. Semoga Allah SWT membalas kebaikan Bapak/Ibu semuanya. Kami sebagai tuli merasa mempunyai hak yang sama untuk tampil, seperti fashion show dan atraksi juga pameran yang dibuat sendiri oleh temen-temen tuli," ujar perempuan yang akrab disapa Yuyun itu.

Penampilan demi penampilan disajikan dengan apik oleh para tunarungu. Mulai dari penampilan fashion show, tari, pantomim, hingga pencak silat. Sebagaimana yang ditampilkan oleh para penerima manfaat dari UPT RSBRW Pasuruan. Mereka dengan bangga berlenggak-lenggok di panggung mengenakan kain batik karya sendiri.

Kadinsos Jatim, Dr. Alwi, M.Hum. juga mengapresiasi perjuangan para tunarungu se-Jatim dalam merayakan HBII Tahun 2022 ini.

"Dengan kemampuan mereka (tunarungu) sendiri mereka berusaha untuk menyatukan se-Jawa Timur. Jadi ini sungguh luar biasa dan kreasi acaranya juga luar biasa. Jadi ini salah satu upaya mereka bisa mengaktualisasikan diri. Jadi kami dari Pemerintah Provinsi sangat mengapresiasi upaya mereka untuk bisa menunjukkan bahwa ini loh saya bisa," ujar Alwi. (cpi)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    426782
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.