Scroll to top

Dukung Lomba Kebersihan Lingkungan, Pensosmas Surabaya Memotivasi Warga untuk Cinta Lingkungan | BIDANG PENGEMBANGAN PENYELENGGARAAN KESSOS

Dipublikasi pada 23 September 2022

SURABAYA - Pelaksanaan penilaian lomba kebersihan lingkungan di RT 4, RW 02, Kelurahan Genting Kalianak, Kecamatan Asemrowo, Kota Surabaya telah dimulai. Kegiatan ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI dan sudah menjadi tradisi di lingkungan pemukiman ini.

Tahap penilaian sudah diselesaikan pada Kamis (22/9/2022). Penilaian ini melibatkan Kepala Seksi (Kasi) Kesejahteraan Rakyat Kelurahan Genting Kalianak Tjitjik Sutiarsi, Kasi Pembangunan dan Ketertiban Kelurahan Genting Kalianak Aris Setiawan SE, kader Kelurahan Genting Kalianak, dan Penyuluh Sosial Masyarakat (Pensosmas) Kota Surabaya.

Penilaiannya dilakukan secara sembunyi-sembunyi selama beberapa minggu. Dalam kurun waktu tersebut, seluruh warga dinilai tanpa mereka tahu. Tentu saja bagi warga yang merawat lingkungannya secara rutin akan mudah dalam persaingan memperebutkan gelar sebagai lingkungan dengan predikat terbersih sesuai kriteria penilaian yang telah ditetapkan.

Ketua RT 04, Rini Astuti mengatakan, pihaknya secara rutin mengadakan lomba kebersihan ini mengingat RT 04 pernah masuk dalam 150 RT lomba “Merdeka Dari Sampah” yang diadakan Pemerintah Kota Surabaya.

"Sengaja saya adakan lomba kebersihan ini untuk memberi semangat pada seluruh warga dan untuk menjaga agar tetap menjadi kampung yang asri dan sehat. Kalau cuma diimbau saja bisa jadi mereka bosan,” ujar Rini.

Dalam kesempatan itu, Pensosmas Kota Surabaya Lailatul Ilmia turut memberi sosialisasi dan memotivasi warga untuk mencintai lingkungan. Di antaranya, dengan tidak membuang sampah sembarangan dan memanfaatkan pekarangan atau lahan kosong untuk ditanami tanaman produktif.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk mewujudkan kelurahan berketahanan sosial. Karena salah satu indikator kelurahan berketahanan sosial ialah kepedulian terhadap kebersihan lingkungan,” ungkap Lailatul Ilmia. (lil/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    124064
  • Telepon

    031-8290794
  • Email

    dinsosjatim56b@jatimprov.go.id
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.