Scroll to top

Penuhi Kebutuhan Gizi Seimbang PM, Pemprov Jatim-UPT PSTW Pasuruan Dinsos Jatim Sajikan Menu Sehat Setiap Hari  | UNIT PELAKSANA TEKNIS

Dipublikasi pada 23 September 2022

KAB. PASURUAN - Memasuki usia lanjut, seseorang mungkin akan mengalami penurunan nafsu makan karena kondisi fisik yang semakin menurun dan faktor kesehatan lainnya. Penurunan nafsu makan lanjut usia (lansia) ini terjadi karena beberapa faktor, antara lain, kesulitan menelan, kesulitan mengunyah, berkurangnya kepekaan terhadap rasa, dan perasaan kesepian membuat lansia jadi malas untuk makan. 

Untuk memenuhi kebutuhan gizi penerima manfaat (PM) lansia, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Pasuruan Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jatim bekerja sama dengan Instalasi Gizi Puskesmas Pandaan dalam menetapkan daftar menu yang menarik dan penuh nutrisi. Setiap harinya, UPT PSTW Pasuruan menyajikan menu makanan yang sehat agar lansia mendapatkan gizi seimbang.

Tak hanya itu, kondisi kesehatan masing-masing lansia pun perlu menjadi pertimbangan dalam penyusunan menu. Menu yang disusun harus memenuhi nutrisi dan serat harian. Ada lebih dari 30 paket menu yang sudah disiapkan untuk makanan PM dalam satu bulan. Salah satunya, menu pepes ikan yang dikombinasikan dengan sayur bening yang disajikan pada Kamis siang (22/9/2022). 

 

Pengolahan ikan dengan dikukus tentu saja lebih banyak manfaatnya bagi tubuh dan menambah cita rasa. Tampak para PM dengan semangat mengambil makan siang di dapur. Mbah Mulyono, salah satu PM menyampaikan, “Alhamdulillah makan di sini tiga kali dalam sehari dengan menu yang berbeda dan enak semua, ditambah lagi dapat snack dan buah setiap hari.”

Sementara itu, Kepala UPT PSTW Pasuruan Dra Cicih Suarsih MSi melalui Kepala Seksi Pelayanan Sosial Paijo Handoko SPd menyampaikan, pihaknya bekerja sama dengan Instalasi Gizi Puskesmas Pandaan untuk mewujudkan lansia yang sehat selain penyusunan menu sesuai kondisi PM. 

“Kami juga mengolah makanan dengan tekstur yang lebih lembut, tidak pedas, dan tidak terlalu asin,” imbuhnya. (rri/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    124051
  • Telepon

    031-8290794
  • Email

    dinsosjatim56b@jatimprov.go.id
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.