Scroll to top

Tangani ODGJ yang Sering Melempari Batu ke Rumah Warga, Dinas Sosial Jombang dan TKSK Lakukan Asesmen dan Koordinasi Cari Solusi Terbaik | BIDANG REHABILITASI SOSIAL

Dipublikasi pada 28 Juni 2022

JOMBANG – Dinas Sosial Kabupaten Jombang memberikan respons cepat atas laporan Pemerintah Desa Puton, Kecamatan Diwek tentang orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang meresahkan warga. 

Berdasarkan laporan warga Desa Puton melalui Pemerintah Desa setempat, ODGJ berinisial FL (23) sering melempari rumah-rumah tetangganya dan anak-anak kecil di sekitarnya dengan batu. Warga sekitar merasa terganggu dan terancam, sehingga direncanakan akan dilakukan pengurungan.

Mengantisipasi hal tersebut, pada Senin (27/6/2022) pukul 10.00 WIB, Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Jombang melalui Pekerja Sosial Seksi Anak, Lansia, Disabilitas, Gelandangan, dan Pengemis melakukan asesmen kepada FL di rumahnya.

Turut serta dalam kesempatan ini, Unit Reaksi Cepat (URC) Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Care Unit Kab. Jombang, TKSK Kec. Diwek, Programer Keswa Puskesmas Cukir, dan Pemdes Puton. Tak hanya melakukan asesmen, mereka juga melakukan konsolidasi dan koordinasi untuk memutuskan penanganan yang terbaik bagi klien ODGJ tersebut.

“Dari rekam mediknya, klien FL adalah pasien aktif RSJ Lawang dan bisa berkomonikasi secara aktif dengan semua orang. Namun, terkadang saat pikirannya merasa tertekan atau terintimidasi, ia menjadi reaktif,” kata Pekerja Sosial Seksi Anak, Lansia, Disabilitas, Gelandangan, dan Pengemis Dinsos Jombang Tri Suhartono SH, didampingi URC TKSK Care Unit Kab. Jombang Herry Kurniawan P. SE dan TKSK Kec. Diwek Iin Indrawati SSos.

Hasil kunjungan dan komunikasi secara langsung dengan klien, untuk sementara disimpulkan bahwa klien kurang perhatian serta kurang dukungan komunikasi dari keluarga.

“Untuk itu, kami merekomendasi klien didaftarkan pada Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Laras Kediri milik Dinsos Provinsi Jatim,” jelasnya. (mam/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    434292
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.