Scroll to top

Pemprov. Jatim-Dinsos Jatim Lakukan Penyuluhan Sosial Penanganan PPKS di Kabupaten Blitar | BIDANG PENANGANAN BENCANA

Dipublikasi pada 23 Juni 2022

KAB. BLITAR - Terik sang surya seakan tak menyulutkan semangat warga Kabupaten Blitar. Hal ini terbukti dengan penuhnya aula Kelurahan Pasirharjo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar oleh peserta yang akan mengikuti Penyuluhan Sosial Penanganan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) oleh PSM, yang diadakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Bidang Pengembangan Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial, Seksi Pengembangan Publikasi dan Penyuluhan Sosial, pada Rabu (22/6). 

Kegiatan yang diikuti oleh 50 orang yang terdiri dari Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kab. Blitar, Puskesos Kab. Blitar dan tokoh masyarakat Kelurahan Pasirharjo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar itu dibuka pukul 09.30 WIB oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Blitar, Bambang Dwi Purwanto, S.STP., M.Si.

Selain itu, Kadinsos Kab. Blitar berkesempatan menyampaikan materi tentang Kebijakan Penanganan PPKS di Kabupaten Blitar. Menurut Bambang, tingkat permasalahan sosial di wilayahnya tergolong masih tinggi sehingga diperlukan sinergitas antara berbagai pihak.

"Tingkat permasalahan sosial di Kabupaten Blitar cukup tinggi, sehingga perlu kolaborasi dan dedikasi antara pemerintah, Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) dan masyarakat," kata Bambang.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pengembangan Kesejahteraan Sosial, Yusmanu, S.ST. menyampaikan, penyuluhan sosial ini merupakan upaya komunikasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur untuk menyampaikan informasi terkait program pembangunan kesejahteraan sosial oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur kepada semua unsur masyarakat.

"Tujuannya untuk memberi edukasi dan memotivasi masyarakat untuk ikut serta dalam pembangunan kesejahteraan sosial," tegas Yusmanu.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Bina Remaja (UPT PSBR) Blitar, Rini Widijati Antarlina, S.H., M.Si. berkesempatan menyampaikan program kegiatan UPT PSBR Blitar. Pihaknya menyayangkan kondisi PSBR Blitar yang mana kebanyakan penerima manfaatnya bukan merupakan remaja yang berasal dari Kabupaten Blitar.

"Diharapkan remaja di Kabupaten Blitar yang memerlukan pelayanan PSBR Blitar bisa mengakses layanan kami," harap Rini.

Acara berikutnya diisi dengan materi tentang Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) yang disampaikan oleh Ketua IPSM Provinsi Jawa Timur Dr. Arman Linda. Di mana PSM sebagai salah satu relawan sosial bagian dari PSKS merupakan mitra pemerintah dalam penanganan permasalahan sosial di lini Desa/Kelurahan. Hal ini sesuai dengan Permensos No.10 Tahun 2019, yang menyebutkan bahwa poin penting dari PSM adalah rasa kesukarelawanan.

Selanjutnya, kegiatan ditutup oleh materi tentang prosedur pelayanan kesejahteraan sosial oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, yang disampaikan oleh Satuan Bakti Pekerja Sosial (Sakti Peksos) Kabupaten Blitar, Titin Dwi Susanti. (lia/cpi)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    434045
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.