Scroll to top

Peringatan Harkitnas 2022: Pemprov Jatim-Dinsos Jatim Gelar Donor Darah, Jumlah Peserta Lampaui Target | SEKRETARIAT

Dipublikasi pada 18 Mei 2022

SURABAYA – Pemerintah Provinsi Jatim melalui Dinas Sosial (Dinsos) Jatim bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya kembali mengadakan donor darah dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun 2022, Rabu (18/5/2022) pukul 08.00 hingga 13.00 WIB.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan dan mewujudkan rasa kepedulian antar sesama kepada mereka yang membutuhkan darah. Seperti donor darah yang dilaksanakan sebelumnya, kegiatan ini melibatkan 100 orang pendonor yang berasal dari pegawai Dinsos Jatim, OPD di sekitar Dinsos Jatim, Kogartap III/Surabaya, Brimob Polda Jatim, dan masyarakat umum. Selain itu, sejumlah praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) juga turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Rangkaian kegiatan dimulai dari peserta donor darah melakukan registrasi dengan mengisi absen dan formulir yang telah disediakan. Setelah itu petugas PMI memeriksa kesehatan peserta yang meliputi pengukuran berat badan, pemeriksaan kadar hemoglobin, pemeriksaan golongan darah bagi pendonor pemula, anamnesis, pemeriksaan tekanan darah, dan pemeriksaan fisik sederhana. Peserta yang berhasil pada tahap pemeriksaan kesehatan langsung menuju tempat pengambilan darah terakhir menuju meja tempat pengambilan souvenir.

Sejak pagi, lokasi donor darah yang berada di halaman gedung A Dinsos Jatim didatangi banyak calon pendonor. Karena banyaknya pendonor yang berpartisipasi, jumlah pendonor yang ditargetkan sebanyak 100 orang pun terlampaui.

Saat meninjau kegiatan, Kepala Dinsos Jatim, Dr Alwi MHum mengapresiasi antusiasme para peserta donor darah yang tinggi. 

“Terima kasih kami sampaikan kepada teman-teman yang bersedia mendonorkan darah. Dari 100 pendonor yang kita targetkan, ternyata melampaui. Semakin banyak tentunya akan semakin baik. Dengan melihat antusiasme peserta dan hasil yang lolos, diharapkan mampu memberikan manfaat dan membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan,” ujarnya, didampingi Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin dan Pemberdayaan Sosial, Dra Sufi Agustini MSi serta Sub Koordinator Kepahlawanan, Keperintisan, dan Kesetiakawanan Sosial, Muchamad Arif Ardiansyah.

Pejabat nomor satu di lingkungan Dinsos Jatim ini juga mengatakan, kegiatan donor darah ini rutin dilaksanakan saat peringatan hari besar nasional. Dia menjelaskan, dalam setiap momen yang membutuhkan pengorbanan, Dinsos Jatim melaksanakan kegiatan yang juga mengajak masyarakat untuk melakukan pengorbanan. 

“Pengorbanan yang bisa kita lakukan pada masa-masa sekarang ini di antaranya adalah donor darah. Kita tahu bahwa ini dibutuhkan demi solidaritas dan kebersamaan, serta upaya menolong saudara kita. Kegiatan donor darah ini menunjukkan kesadaran untuk berbagi terhadap sesama. Di samping itu juga dapat mempererat rasa kesetiakawanan sosial, kepedulian, dan kepekaan terhadap segala penderitaan orang lain,” ungkapnya. 

Disampaikan pula, peringatan Harkitnas ini juga seiring dengan tagline Pemprov Jatim, yakni Optimis Jatim Bangkit. “Ada kesamaan pesan antara hari besar nasional dengan apa yang kita lakukan hari ini,” terangnya. (plm/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    426233
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.