Scroll to top

Berlangsung Dramatis, Tim Dinsos Bangkalan Evakuasi ODGJ ke RSUD Syamrabu Bangkalan | BIDANG REHABILITASI SOSIAL

Dipublikasi pada 16 Mei 2022

BANGKALAN - Tim Dinas Sosial (Dinsos) Kab. Bangkalan mengevakuasi Mr X (60), Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) tanpa keluarga ke RSUD Syamrabu Bangkalan, Minggu (15/5/2022).

Kepala Dinsos Bangkalan, Wibagio Suharta S Sos MM turun langsung untuk memimpin proses evakuasi. Turut mendampingi, Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Achmad Riady SH MH, beserta Kasi Penyandang Tuna Sosial dan staf. 

Sebelumnya, Dinsos Bangkalan menerima laporan salah satu LSM Bangkalan yang menyampaikan adanya ODGJ yang menderita sakit batuk dan telah lama menempati gudang kayu milik seorang pengusaha di Jalan RE Martadinata Mlajah Bangkalan.

Laporan tersebut segera ditindaklanjuti Dinsos dengan menerjunkan tim. Setibanya di lokasi, klien didapati tergeletak di atas tanah, petugas pun langsung bergerak cepat.

Karena klien meronta dan melawan petugas, maka demi kelancaran dan kenyamanan evakuasi, akhirnya petugas mengambil tindakan mengikat kedua tangan klien ke belakang dengan tali pengaman kain yang sudah dipersiapkan sebelumnya. 

"Langkah ini diambil untuk selanjutnya kami kirim si klien ke Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya guna pengobatan gangguan jiwanya, setelah sakit fisik yang diderita klien dinyatakan sembuh oleh dokter RSUD Bangkalan,” terang Wibagio. 

Dia menambahkan, dua hari sebelumnya tim sudah melaksanakan kroscek ke lokasi dan berkoordinasi dengan pihak terkait, yakni Lurah Mlajah dan Camat Bangkalan mengenai kelengkapan berkas yang harus dipenuhi, namun masih dalam proses. 

“Setelah nanti dirawat inap dan dinyatakan sembuh oleh dokter jiwa RSJ Menur, barulah kami jemput kembali untuk dikirim ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) milik Dinsos Provinsi Jatim guna mendapatkan pelayanan dan rehabilitasi sosial, karena kelian tidak memiliki keluarga dan otomatis jadi tanggungan pemerintah,” ujar Wibagio.

Akan tetapi, lanjutnya, apala keluarga klien dapat ditemukan, maka Dinsos akan mengembalikan klien kepada keluarga untuk dijaga dan dibina supaya tidak menggelandang di tempat umum lagi. 

“Dan kami Dinsos Kab. Bangkalan tetap melayani masyarakat meskipun di luar jam kerja, bahkan di hari libur pun kami siap,” tegas Wibagio. (abu/yan/isw/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    434288
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.