Scroll to top

Antisipasi Penyebaran Hepatitis Akut, Pensosmas Jatim Ajak Orang Tua Tingkatkan Kewaspadaan | BIDANG PENANGANAN BENCANA

Dipublikasi pada 16 Mei 2022

SURABAYA - Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan orang tua terhadap penyakit hepatitis akut pada anak, Supriyadi, Penyuluh Sosial Masyarakat (Pensosmas) Jatim mengajak orang tua meningkatkan kewaspadaan. 

Hal itu disampaikan dalam sosialisasi yang dilaksanakan Sabtu (14/5/2022) kepada oleh tokoh masyarakat dan warga RT 04, RW 23, Jojoran Perintis, Kelurahan Mojo, Kec. Gubeng, Surabaya.

Supriyadi menyampaikan beberapa gejala awal hepatitis akut yang banyak terjadi pada anak. Dia menjelaskan, sebagian anak yang mengalami hepatitis akut ini awalnya mengeluh diare, sakit perut, mual, dan muntah. Sehingga orang tua bisa sigap dan waspada bila anak mengalami gejala yang diduga gejala penyakit hepatitis akut tersebut.

Meskipun penyebaran hepatitis akut pada anak di surabaya belum ditemukan, namun dia meminta orang tua harus mewaspadai anaknya masing- masing. Karena bila gejala tersebut dibiarkan, bisa berlanjut dan berkembang menjadi lebih spesifik yang mengarah pada hepatitis. Misalnya, warna air seni anak menjadi seperti teh tua atau kuning pekat dan feses berwarna pucat.

“Maka dari itu, orang tua harus mewaspadai gejala awal tersebut sebelum mengarah ke hepatitis. Hal ini dikarenakan, apabila sudah parah maka anak akan memerlukan transplantasi hati, tambah Supriyadi dalam penyuluhannya.

Arif, Ketua RT 04, RW 13 Kelurahan Mojo menyambut baik sosialisasi ini. Menurutnya informasi tentang hepatitis akut tersebut sangat diperlukan warganya karena belum banyak warga yang mengetahui penyakit ini dan cara pencegahannya. (ian/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    431924
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.