Scroll to top

Pemprov Jatim-Tim JSC UPT PSTW Jombang Dinsos Jatim Lakukan Penjangkauan terhadap Dua Lansia | UNIT PELAKSANA TEKNIS

Dipublikasi pada 14 Januari 2022

JOMBANG - Tim Jatim Social Care (JSC) Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jatim dari Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Jombang melakukan penjangkauan sekaligus seleksi calon klien kepada dua orang lansia, Kamis (13/1/2022).

Dengan dikoordinir Pekerja Sosial (Peksos) Ahli Muda UPT PSTW Jombang, tim JSC yang terdiri dari tenaga perawat panti dan petugas panti terlebih dulu mengunjungi Suyutik (90) di Dusun Mindi, Desa Mundusewu, Kec. Bareng. 

Suyutik masih memiliki menantu yang tidak tinggal satu rumah bernama Suparmi. Suparmi melaporkan keadaan mertuanya karena khawatir dengan kondisinya yang tinggal sendirian dan sering berjalan di jalan raya sendiri. Melalui kunjungan ini, Peksos beserta pamong desa memberikan jalan tengah untuk Suyutik dan Suparmi.

Selanjutnya, tim JSC bergerak menuju kediaman calon klien yang bernama Alviah di Jagalan. Dia mempunyai empat putra, sehingga tim JSC memberikan motivasi kepada putra-putranya untuk tetap merawat ibunya secara bergantian. Meski sudah sedikit pikun, tetapi Alviah merasa nyaman jika dekat dengan anak-anaknya.

Kepala UPT PSTW Jombang Dinsos Jatim, Dra Sri Retno Hartiwi MSi mengatakan, kegiatan ini merupakan implementasi dari kegiatan seleksi terhadap calon klien penghuni panti, yang secara teknis digerakkan oleh tim JSC bersama Peksos UPT PSTW Jombang dalam upaya memberikan pelayanan terhadap masyarakat luas.

Melalui seleksi calon klien ini, lanjutnya, tim JSC ingin melihat secara langsung kondisi calon klien, baik dari aspek fisik, kesehatan, mental spiritual dan psikologis, serta aspek sosialnya.

“UPT PSTW Jombang Dinsos Jatim bertekad untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin terhadap masyarakat dan dapat membantu menyelesaikan permasalah yang dihadapi oleh pelapor ataupun calon klien yang dilaporkan,” tegasnya.

Sementara, Peksos Ahli Muda UPT PSTW Jombang Idhayati Haddy SSos menambahkan, dengan adanya kegiatan ini pihaknya dapat memberi jalan tengah kepada calon keluarga klien. “Sehingga memasukkan orang tua ke panti atau UPT bukanlah jalan keluar satu-satunya,” pungkasnya. (iin/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    52804
  • Telepon

    031-8290794
  • Email

    dinsosjatim56b@jatimprov.go.id
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.