Scroll to top

Pemprov Jatim UPT PSTW Jombang Dinsos Jatim Asrama Pare, Wujudkan Lansia Sehat dengan Posyandu Lansia | UNIT PELAKSANA TEKNIS

Dipublikasi pada 14 Januari 2022

KAB. KEDIRI - Pemerintah Provinsi (Provinsi) Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Jombang Dinas Sosial (Dinsos) Jatim memberikan perhatian yang besar terhadap kesehatan lansia, terutama yang tinggal di dalam UPT. 

Salah satu perhatian tersebut diwujudkan dengan menggelar kegiatan Posyandu Lansia di aula UPT PSTW Jombang asrama Pare, Kamis (13/1/2022).

Kegiatan ini dihadiri 60 penerima manfaat (PM) lansia asrama Pare, pengasuh PM, tenaga perawat dari UPT PSTW Jombang asrama Pare, dan Tim Kesehatan Lansia Puskesmas Pare.

Dalam Posyandu Lansia tersebut, para PM menjalani pemeriksaan tanda-tanda vital dan identifikasi dini penyakit bawaan, seperti diabetes, asam urat, kolesterol, dan hipertensi. Selain itu, Tim Kesehatan Lansia dari Puskesmas Pare juga memberikan penyuluhan mengenai pentingnya menjaga kesehatan di masa pandemi.
 
Kepala UPT UPT PSTW Jombang Dinsos Jatim, Dra Sri Retno Hartiwi MSi mengatakan, dengan adanya Posyandu Lansia ini kesehatan klien mendapatkan perhatian yang lebih. 

“Alhamdulillah, para PM lansia sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka menyadari di usia yang sudah senja sangatlah rentan terhadap serangan penyakit, apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Kedatangan Tim Kesehatan Lansia dari Puskesmas Pare secara tidak langsung memberikan imun booster untuk PM,” ujarnya penuh syukur.

Retno berharap, melalui Posyandu Lansia ini kesehatan PM bisa terpantau lebih baik lagi, sehingga mereka dapat menjalankan aktivitas dengan baik.

Kepala Seksi Pelayanan Sosial UPT PSTW Jombang Dra Agustin Nurul Hasanah menambahkan, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Tim Kesehatan Lansia Puskesmas Pare yang telah meluangkan waktu untuk memberikan layanan kesehatan dan penyuluhan kepada PM lansia asrama Pare.

“Karena dengan kapasitas 85 klien dan hanya dua perawat saja tidak cukup untuk pemantauan kesehatan secara signifikan, sehingga kami membutuhkan kegiatan seperti ini untuk mengetahui gejala awal atau gangguan-gangguan yang diderita oleh klien. Semoga dengan pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan yang diberikan klien dapat termotivasi untuk hidup lebih sehat,” tuturnya.

Sementara, penanggung jawab Tim Kesehatan Lansia Puskesmas Pare, dr Nouris menjelaskan bahwa timnya telah mendapatkan data-data PM yang perlu diberikan penanganan ringan dan yang harus diberikan penanganan khusus.

“Dengan adanya Posyandu ini kami bisa terus memantau perkembangan kesehatan PM UPT PSTW Jombang asrama Pare. Kami sangat berharap untuk para mbah kakung dan mbah putri dapat menjalankan aktivitas dan rutinitasnya dengan kondisi tubuh yang sehat,” ungkapnya. (iin/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    52775
  • Telepon

    031-8290794
  • Email

    dinsosjatim56b@jatimprov.go.id
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.