Scroll to top

Usai Ikuti Sosialisasi, 35 Peserta Kancana Berdaya Sampang Simulasi Penanggulangan Bencana | BIDANG PEMBERDAYAAN SOSIAL

Dipublikasi pada 28 November 2021

SAMPANG – Sebanyak 35 peserta Karang Taruna Siaga Bencana Berbasis Budaya (Kancana Berdaya) yang terdiri dari pengurus dan anggota Karang Taruna desa, kecamatan, dan kabupaten se-Kabupaten Sampang menjalani simulasi bencana di lapangan Wijaya Kusuma Sampang, Jumat (26/11/2021).

Dalam simulasi ini, para peserta mempraktikkan langsung ilmu yang didapat dari pemateri kegiatan sosialisasi di hari sebelumnya, Kamis (25/11/2021).

Laksana terjadi bencana banjir, warga yang terdiri lansia, balita, dan penderita Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang sedang berada di lokasi tampak susah karena terjebak dan membutuhkan pertolongan. Dengan cepat, Tim Reaksi Cepat (TRC) Kancana Berdaya Sampang melakukan tindakan.

Mereka langsung mengasesment lokasi bencana dan melaporkannya kepada koordinator. Setelah melakukan pemetaan dan skema tindakan, koordinator memerintahkan membuka posko, evakuasi korban, dapur umum, serta pos medis.

Simulasi bencana ini dibimbing dan dipandu instruktur dari Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jatim, Kancana Berdaya Forum Pengurus Karang Taruna (FPKT) Jatim dan Kabupaten Sampang, serta Tagana Jatim dan Kabupaten Sampang.

Saat memberikan bimbingan, Wakil Ketua FPKT Jatim Gogot Setyono mengatakan bahwa Kancana Berdaya merupakan program yang diinisiasi oleh FPKT Jatim.

“Program ini men-sounding-kan dengan visi dari Gubernur Jatim yang akan memberdayakan masyarakat rawan bencana,” ujarnya.

Gogot melanjutkan, konsep ini berbeda dengan penanganan bencana lainnya karena mempertimbangkan budaya lokal serta dimulai dari pra sampai penanganan pasca bencana.

Sementara, Ketua FPKT Kabupaten Sampang Moh Jakfar SPd berharap semua peserta Kancana Berdaya dapat betul-betul mempraktikkan ilmunya dengan aksi nyata saat terjadi bencana.

“Penting diketahui, pelatihan dan simulasi ini diadakan di Sampang karena kondisi Kabupaten Sampang yang rawan banjir,” pungkasnya. (mak/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    426768
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.