Scroll to top

Optimalisasi Penanganan Lansia di UPT PSTW Pasuruan, Dinsos Jatim Gelar Pertemuan dengan Perguruan Tinggi | BIDANG PENANGANAN BENCANA

Dipublikasi pada 26 November 2021

KAB. PASURUAN - Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jatim terus melakukan terobosan guna mengoptimalkan pelayanan kepada klien lansia, terutama yang tinggal di Unit Pelaksana Teknis (UPT) atau panti. Salah satunya, dengan memaksimalkan peran perguruan tinggi sebagai salah satu unsur pentahelix. 

Demi mewujudkan hal itu, Dinsos Provinsi Jatim menggelar pertemuan dengan perwakilan perguruan tinggi negeri dan swasta (PTN/PTS) di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha (PSTW) Pasuruan, Senin (22/11/2021).

Hadir dalam kesempatan ini, Kepala Dinsos Provinsi Jatim, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Pengembangan Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Dinsos Jatim, Kepala Seksi Pengembangan Kerja Sama Kelembagaan Dinsos Jatim, serta pejabat struktural eselon 4 dan fungsional di UPT PSTW Pasuruan. 

Sedangkan peserta dalam rapat optimalisasi kerja sama penanganan lansia di UPT PSTW Pasuruan, yakni 10 pejabat PTN dan PTS yang telah bermitra dengan Dinsos Provinsi Jatim.

Dalam arahannya, Kepala Dinsos Provinsi Jatim Dr Alwi MHum menyampaikan rencana jangka panjang peningkatan pelayanan bagi lansia di UPT, yaitu dengan membuat program layanan relaksasi. 

“Disediakan ruangan nyaman yang dilengkapi fasilitas relaksasi, fisioterapi, tambahan makanan bergizi, senam lansia, dan pemeriksaan tensi secara rutin,” katanya. 

Alwi juga menyampaikan harapan agar kerja sama ini dapat berlanjut dan ditingkatkan, baik secara kuantitas maupun perluasan jenis kerjasama lainnya.

Plt Kepala UPT PSTW Pasuruan Muhammad Thabrani SH MH menyampaikan paparan tentang profil UPT. Dia menjelaskan, saat ini UPT PSTW Pasuruan asrama Pandaan sedang melakukan pembenahan fisik. Karena nantinya seluruh klien di asrama Babat Lamongan akan dipindahkan ke asrama Pandaan.

“Peningkatan kualitas pelayanan terus-menerus bagi lansia ini memerlukan dukungan lintas instansi, sedangkan PTN maupun PTS memiliki sumber daya yang banyak dan terus terbarukan yang dibutuhkan oleh UPT. Oleh sebab itu, kerja sama yang telah berjalan baik selama ini ingin kami tingkatkan dan luaskan demi terwujudnya kualitas pelayanan terbaik yang ingin dicapai,” jelasnya. 

Dalam pertemuan tersebut, Plt Kepala Bidang Pengembangan Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Dinsos Jatim Dwi Antini Sunarsih MSi memaparkan tentang capaian kerja sama yang telah dilakukan Bidang Pengembangan Pengembangan Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial.

Dia juga berharap, dari kegiatan ini ada banyak masukan, saran, dan pendapat dari para peserta yang hadir terkait peran masing-masing untuk diimplementasikan lebih lanjut demi peningkatan kualitas pelayanan terhadap lansia. (yun/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    430462
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.