Scroll to top

Pemprov Jatim-UPT PSTW Bondowoso Pertemukan dan Pulangkan PM ke Keluarganya | UNIT PELAKSANA TEKNIS

Dipublikasi pada 26 Mei 2024

BONDOWOSO - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Bondowoso Dinas Sosial (Dinsos) Jatim melakukan reunifikasi pada seorang penerima manfaat (PM), Jumat (24/5/2024).
 
Reunifikasi merupakan kegiatan yang sangat penting dalam tahapan layanan di UPT PSTW Bondowoso, sebab kegiatan ini merupakan titik kembalinya PM pada keluarganya. Pemulangan kali ini dilakukan oleh Kasi Pelayanan Sosial dan pekerja sosial (peksos) terhadap PM bernama Koesnadi. PM lansia ini akhirnya dapat kembali bertemu dengan anak kandungnya yang berada di Kabupaten Situbondo.

Koesnadi telah menjadi PM di UPT PSTW Bondowoso sejak tahun 2022. Ia sebelumnya tinggal seorang diri di Kecamatan Curahdami, Kabupaten Bondowoso. Melihat keterbatasan dan kondisinya, Koesnadi akhirnya diterima di UPT PSTW Bondowoso. 

Setelah melalui tahap asesmen secara komprehensif, diketahui bahwa Koesnadi memiliki tiga anak, salah satunya berada di Kabupaten Situbondo. Anaknya itu pun juga telah berpisah lama dengan Koesnadi, kurang lebih 20 tahun. Peksos bersama tim akhirnya berhasil menyambung komunikasi dan merencanakan untuk mempertemukan Koesnadi dengan anaknya.

“Kami melakukan koordinasi dan komunikasi dengan anak dari Mbah Koesnadi yang berada di Kabupaten Situbondo. Hal tersebut dapat kami lakukan berdasarkan asesmen bersama dengan pihak keluarga yang memberikan informasi keberadaan anak dari Mbah Koesnadi,” kata Peksos UPT PSTW Bondowoso, Juan Enricho H.
 
Setelah mendapatkan perhatian dan keterbukaan dari anak Koesnadi, Peksos bersama tim  mengantar Koesnadi ke Kabupaten Situbondo untuk bertemu dengan anaknya. Mendengar hal itu, Kepala UPT PSTW Bondowoso melalui Kasi Pelayanan Sosial Budi Waluyo mengungkapkan kebahagiaan atas proses reunifikasi ini.

“Setelah melalui proses yang cukup panjang akhirnya Koesnadi dapat bertemu dengan anaknya yang sudah cukup lama berpisah. Kami berharap silaturahmi ini dapat berlangsung baik dan memberikan kebahagian kepada Koesnadi serta keluarganya,” ujarnya. (je/din)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    459564
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.